Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Kawasaki KSR, Motor Mungil yang Terjual Rp 120 Juta

Kompas.com - 20/08/2021, 08:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki KSR 110 jadi sorotan belum lama ini. Motor mungil yang dilelang oleh dr. Tirta tersebut berhasil terjual seharga Rp 120 juta.

Lelang yang digelar pada akun Instagram resmi milik Tirta Mandira Hudhi tersebut bertujuan untuk amal. Hasil lelang akan dijadikan paket makanan yang nantinya akan diberikan pada fakir miskin, tenaga kesehatan (nakes), dan pedagang yang terdampak pandemi.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki KSR

KSR 110 yang dilelang merupakan produksi 2012. PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sendiri memasarkan motor bergaya supermoto ini sejak 2011. Lalu, pada 2014, KMI menghadirkan varian lain, yakni KSR Pro.

Lelang Kawasaki KSR 110 di Instagram dr. TirtaDok. @dr.tirta Lelang Kawasaki KSR 110 di Instagram dr. Tirta

Perbedaan keduanya ada di bagian transmisinya. KSR Pro dibekali dengan kopling manual. Sedangkan KSR 110, menggunakan kopling otomatis, seperti motor bebek atau underbone pada umumnya. Desain bak koplingnya tentu juga berbeda.

Sebenarnya, motor ini punya perjalanan atau sejarah yang cukup panjang. Di Jepang, KSR sudah ada sejak 1990. Saat itu, motor mini ini masih menggunakan nama KSR-2 atau sekarang banyak juga disebut dengan KSR Old.

Baca juga: Tren Modifikasi Motor Mini Kawasaki KSR, Banyak yang Utak-atik Mesin

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

KSR-1 merupakan penerus dari KS-2 yang dijual secara domestik, hanya ada di Jepang. Jika ada motor ini di Indonesia, berarti didatangkan oleh importir umum. KSR-1 dibekali mesin 2-tak dengan kapasitas 49 cc. Selanjutnya, hadir KSR-2 dengan kapasitas mesin 79 cc.

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

Ada sedikit ubahan, khususnya pada bagian kaki-kaki, yang sebelumnya menggunakan ban ring 10 pada KS-2, berubah menjadi ring 12. Pada model ini juga sudah mulai menggunakan sokbreker upside down. Rem depan dan belakangnya juga sudah menggunakan rem cakram. Produksi KSR-2 dihentikan pada 1999.

Baca juga: Mitsubishi Tanggapi Rencana L300 Diproduksi di Filipina

Sejarah panjang Kawasaki KSRbikebros.co.jp Sejarah panjang Kawasaki KSR

Kawasaki akhirnya menghidupkan kembali KSR dengan nama KSR110 pada 2003. Spesifikasinya pun berubah cukup signifikan. Mesinnya sudah 4-tak dengan kapasitas 110 cc. Tapi, desain bodinya kurang lebih masih sama seperti pendahulunya.

Kawasaki KSR Pro 2021Dok. KMI Kawasaki KSR Pro 2021

Di Jepang, model terakhir berhenti di tahun 2008. Selanjutnya, KSR110 mendapat penyegaran dan desain bodinya berubah lebih modern di tahun 2011. Desain motor ini tidak berubah hingga muncul KSR Pro di 2014 sampai sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com