Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Penumpang Belakang Juga Wajib Pakai Sabuk Pengaman

Kompas.com - 17/08/2021, 15:11 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seat belt atau sabuk pengaman jadi perlengkapan yang wajib ada dalam sebuah mobil. Sebab keberadaan sabuk pengaman sudah menjadi salah satu standar keselamatan.

Secara hukum, pentingnya sabuk pengaman sudah dinyatakan secara tegas dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Lebih detail, merujuk pada Pasal 106 ayat 6, dijelaskan bahwa pengemudi dan penumpang yang duduk di samping pengemudi wajib untuk mengenakan sabuk pengaman.

Jika abai, akan ada sanksi yang dikenakan berupa denda sebesar Rp 250.000 atau kurungan penjara paling lama satu bulan. Perihal sanksi tersebut sudah dijabarkan pada Pasal 289 undang-undang yang sama.

Baca juga: Tiga Ruas Jalan Tol Baru Sepanjang 69 Km Siap Diresmikan

Sabuk Pengaman pada jok baris kedua dan ketiga wajib dipakai penumpangAditya Maulana - Otomania Sabuk Pengaman pada jok baris kedua dan ketiga wajib dipakai penumpang

Meskipun secara hukum di Indonesia hanya mengatur penggunaan sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang di sampingnya saja, bukan berarti penumpang yang duduk di kursi belakang tidak perlu mengenakan sabuk tersebut.

Director Training The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan menegaskan bahwa penumpang yang duduk di belakang pengemudi maupun di kursi baris ketiga juga wajib mengenakan seat belt demi keselamatan.

"Kalau penumpang di belakang tidak menggunakan sabuk pengaman atau seat belt, maka ketika terjadi tabrakan atau kecelakaan penumpang bisa terpental," kata Marcell kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Stok Toyota Rush TRD Sportivo Masih Ada, Diskon Rp 8 Juta

Jok baris ketiga di varian Rush TRD Sportivo Ultimo lengkap dengan sabuk pengaman.Febri Ardani/KompasOtomotif Jok baris ketiga di varian Rush TRD Sportivo Ultimo lengkap dengan sabuk pengaman.

Selain itu, ia juga menyebutkan risiko penumpang di belakang ikut mencederai pengemudi atau penumpang di depannya jika tidak mengenakan sabuk pengaman.

Belum lagi penumpang ini harus menghadapi benturan pada jok di depannya. Jika terbentur dengan momentum yang keras, bagian atas tubuh dan kepala bisa mengalami cedera parah.

"Memang yang diwajibkan mengenakan sabuk pengaman adalah sopir dan penumpang di samping sopir, tapi penumpang di belakang juga sebaiknya menggunakan seat belt," kata Marcell menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com