Mengenal Istilah Limbah Moge dalam Modifikasi Motor

Kompas.com - 17/08/2021, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam memodifikasi motor, banyak modifikator yang menggunakan part motor lain untuk meningkatkan estetika dan fungsional. Khususnya, pada saat modifikasi motor sport berjaya.

Part motor yang sering kali digunakan adalah motor gede (moge). Sebab, part tersebut sukses membuat tampilan motor jadi lebih keren.

Baca juga: Yamaha Indonesia Stop Penjualan Tiga Moge, Termasuk YZF-R1

Part-part moge tersebut di dunia modifikasi motor juga disebut dengan limbah moge. Maksudnya limbah adalah copotan suku cadang atau komponen dari moge.

Limbah moge yang digunakan pada modifikasi motor sportmotorexpertz.com Limbah moge yang digunakan pada modifikasi motor sport

Limbah moge banyak digunakan untuk modifikasi motor sport berkapasitas mesin 250 cc agar tampilannya seperti moge yang punya kapasitas mesin di atas 400 cc.

Rudy Gunawan, modifikator senior dari Berkat Motor di bilangan Ciledug, mengatakan, yang namanya limbah moge sebenarnya bukan hanya sebatas pada kaki-kaki saja, seperti suspensi depan, swingarm, atau pelek depan dan belakang.

Baca juga: Suzuki GSX-R600 K8, Moge Suzuki Paling Laris tapi Langka

"Tapi, tangki bahan bakar atau setang juga termasuk limbah moge. Tapi, memang populernya lebih kepada sektor kaki-kaki," ujar Rudy, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Honda RS150R replika motor MotoGP Honda RCV oleh Gang Tayar Besar (GTB) asal MalaysiaDok. Paultan.org Honda RS150R replika motor MotoGP Honda RCV oleh Gang Tayar Besar (GTB) asal Malaysia

Rudy menambahkan, limbah moge tak hanya terbatas pada motor sport. Namun, ada juga limbah moge yang berasal dari motor cruiser, adventure, atau trail.

"Memang dulu lebih fenomenal limbah moge dari motor sport. Sebab, banyak yang tak puas denga tampilan kaki-kaki standar pabrikan," kata Rudy.

Honda RS150R replika motor MotoGP Honda RCV oleh Gang Tayar Besar (GTB) asal MalaysiaDok. Paultan.org Honda RS150R replika motor MotoGP Honda RCV oleh Gang Tayar Besar (GTB) asal Malaysia

Berbeda dengan zaman sekarang di mana motor custom bergaya klasik sedang banyak diminati. Sebab, banyak builder yang lebih memilih untuk membuat part sendiri, sesuai dengan konsep custom itu sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.