Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Bukti Vinales Geber Motor Yamaha YZR-M1 Secara Tidak Normal

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales resmi dicoret oleh Yamaha dari MotoGP Austria. Alasannya, menurut pernyataan resmi Yamaha, Vinales mengegas motornya secara tidak normal yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

Belakangan ini, Vinales menjadi sorotan di MotoGP setelah Yamaha memutuskan untuk mencoret namanya pada seri kesebelas MotoGP 2021. Vinales kedapatan mengendarai motornya dengan tidak normal.

Banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Vinales menyabotase motornya sendiri. Vinales sendiri belum mengeluarkan pernyataan apapun untuk merespons kejadian ini.

Pada video tersebut, terlihat Vinales beberapa kali menyentuh limiter. Bahkan, saat akan masuk ke pit, Vinales kembali mengegas motornya hingga menyentuh limiter.

Berdasarkan pernyataan Yamaha, aksi Vinales berpotensi menyebabkan kerusakan mesin yang signifikan. Kerusakan tersebut berisiko mencelakai pebalap itu sendiri dan pebalap lainnya.

Sebab, dengan jebolnya mesin, tak menutup kemungkinan ada oli atau cairan lain yang berceceran di trek. Kondisi ini tentu sangat membahayakan pebalap apabila terjatuh.

Yamaha menyebutkan akan membuat analisis telemetri yang mendalam. Keputusan apakah Vinales akan mengikuti seri-seri berikutnya juga akan segera diumumkan setelah analisis dan diskusi antara Yamaha dan Vinales dilakukan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/13/154554915/video-bukti-vinales-geber-motor-yamaha-yzr-m1-secara-tidak-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke