Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub Kirim Ratusan Bus dan Pengemudi Dukung PON XX Papua

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, memberikan dukungan penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS XVI Papua, berupa 428 unit bus dan 471 awak.

Dari jumlah tersebut, 217 unit bus terdiri dari model mikro dengan 19 tempat duduk yang merupakan pengadaan, dan 211 unit lainnya berjenis medium dengan 26 tempat duduk yang akan disewa.

"Bus akan kita kirim masing-masing dari Tanjung Priok menuju Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke dengan menggunakan KM. Dharma Kencana VII dan KM. Dharma Rucitra VII," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi, dalam keterangan resminya, Kamis (12/8/2021).

Ditargetkan ratusan bus tersebut bakal tiba di masing-masing lokasi paling lambat pada 1 September 2021. Sementara untuk pola operasi bus saat pelaksanaan PON XX, yakni bus akan melekat kepada atlet dan ofisial dengan sistem shuttle.

Tak hanya itu, Budi Mengatakan untuk memberdayakan masyarakat lokal, maka akan ada 261 pengemudi yang merupakan penduduk lokal Papua. Semua pengemudi akan mendapatkan pelatihan keterampilan, serta keramahan dalam hal pelayanan untuk para atlet

Sementara untuk dukungan gelaran Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVI, sebanyak 120 unit bus telah dilakukan modifikasi untuk melakukan penyesuaian bagi para atlet.

"Sesuai saran dari Pemerintah Provinsi Papua, kita akan melakukan modifikasi interior bagi 60 unit bus dengan membuat ramp on/off sesuai standar kemiringan bagi atlet pengguna kursi roda, sementara 60 unit lainnya tanpa modifikasi," kata Budi.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/12/163200815/kemenhub-kirim-ratusan-bus-dan-pengemudi-dukung-pon-xx-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke