Kompas.com - 12/08/2021, 16:12 WIB
XL7 Bank KanchanavilaiXL7

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil segmen Low Sport Utility Vehicle (LSUV) dengan tiga baris bangku memang diminati masyarakat Indonesia. Tampilannya yang garang ditambah luasnya kabin menjadi pilihan keluarga Indonesia.

Setidaknya ada lima mobil dari merek Jepang yang mengisi segmen ini. Pertama ada Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, Honda BR-V, Daihatsu Terios dan Toyota Rush.

Selain itu, pada bulan Agustus juga menjadi bulan terakhir berlakunya potongan PPnBM 100 persen yang kelima mobil ini menikmatinya. Selain potongan dari PPnBM, berapa diskon lain yang diberikan oleh diler?

Baca juga: Tanpa Tilang, Ganjil Genap Jakarta Mulai Berlaku Hari Ini

Ilustrasi Mitsubishi Xpander CrossDOK. MMKSI Ilustrasi Mitsubishi Xpander Cross

Kompas.com sudah menanyakan ke beberapa diler yang ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Pertama untuk Xpander Cross, jika ditambah dengan potongan PPnBM, diskonnya menjadi sekitar Rp 20 juta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Rp 20 juta itu sudah sama PPnBM, jadi Rp 18 juta plus diskon diler Rp 2 juta,” ucap salah satu pramuniaga Mitsubishi kepada Kompas.com, Kamis (12/8/2021).

Sedangkan untuk XL7 bisa mendapatkan potongan sampai Rp 12 juta diluar PPnBM. Namun untuk tipenya terbatas, misalnya seperti tipe alpha yang paling tinggi, unitnya lebih sedikit dan sangat diminati.

Baca juga: Syarat Perjalanan Naik Bus AKAP Selama PPKM Level 2, 3, dan 4

“Kalau yang alpha, belum tentu bisa dapat bulan ini. Kalau bulan depan kan potongan PPnBMnya sudah enggak 100 persen lagi,” ucap pramuniaga Suzuki.

Beralih ke LSUV andalan Honda yaitu BR-V yang unitnya sebenarnya sudah cukup sulit didapatkan. Hal ini dikarenakan akan hadirnya produk terbaru dari Honda yang direncanakan akan menggantikan BR-V.

“Diskon dari diler sekitar Rp 8 juta, itu pun kalau ada stoknya,” kata pramuniaga Honda tersebut.

Toyota Rush GR SportTAM Toyota Rush GR Sport

Lalu untuk Daihatsu Terios, unitnya juga ada yang inden, seperti tipe R dengan transmisi otomatis. Kabarnya, tipe tertinggi ini akan mengalami update di bagian eksterior serta fitur dan harus inden.

“Sedangkan yang manual, bisa dapat potongan sampai Rp 8 juta,” kata dia.

Terakhir untuk mobil yang baru ini dirilis, Toyota Rush GR Sport juga mendapatkan potongan. Selain potongan PPnBM, ada potongan diskon dari diler, sekitar Rp 6 juta dan bisa diajukan lagi jika mau minta tambahan diskon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.