Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Rem Motor di Rumah Saja

Kompas.com - 11/08/2021, 11:02 WIB
Cegah Cakram Motor Rusak Stanly/OtomaniaCegah Cakram Motor Rusak

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah telah mengumumkan untuk melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4,3, dan 2 dalam upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Meski begitu, bukan berarti membatasi aktivitas masyarakat sepenuhnya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di rumah, salah satunya adalah melakukan perawatan ringan sepeda motor.

Perawatan motor tidak selalu harus dilakukan di bengkel, namun juga bisa sendiri di rumah sehingga bisa menjadi aktivitas selingan selama masa PPKM.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Ini Waktu Ideal Membersihkan Helm

Salah satu komponen yang bisa dilakukan perawatan sendiri adalah sistem pengereman. Rem menjadi komponen yang sangat vital pada setiap kendaraan.

Oleh sebab itu, kondisinya harus tetap terjaga dan berfungsi secara optimal dalam mengurangi laju kendaraan saat digunakan.

Untuk melakukan perawatan, bisa sambil mengecek ketebalan kampas rem. Baik rem cakram, atau pun rem tromol bisa dilakukan pengecekan tanpa harus melakukan pembokaran.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto mengatakan, untuk melakukan pengecekan kampas rem bisa dilakukan dengan dua cara.

Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh digantiOtomania/Setyo Adi Kondisi kampas rem yang sudah habis. Titik putih di samping adalah tanda kampas butuh diganti

“Kalau untuk rem tromol itu bisa dilihat dari jarum rem yang ada pada tromol. Jika jarum sudah sejajar dengan tanda maka sudah saatnya kampas rem diganti,” ucap Oke kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Sedangkan untuk rem cakram, Oke menambahkan, bisa diintip ketebalannya. Jika sudah dirasa tipis, sebaiknya segera dilakukan penggantian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.