Alasan Motor Trail Tidak Dilengkapi Kunci Kontak Berpengaman Magnetis

Kompas.com - 29/07/2021, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor zaman sekarang banyak yang sudah dilengkapi dengan sistem pengaman magnetis pada kunci kontaknya. Tapi, pengaman tersebut tidak ada pada motor trail.

Baik pada Kawasaki KLX 150, Honda CRF 150L, atau Yamaha WR 155 R, kunci kontaknya juga polos. Tidak ditemukan adanya penutup magnetis pada kunci kontaknya.

Baca juga: Motor Trail Jadi Incaran Maling, Ini Ragam Gembok biar Makin Aman

Menurut Lerry Rahmat Rizky, modifikator senior dari bengkel spesialis supermoto CAOS Custom, di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan, alasan tidak adanya sistem keamanan tersebut karena pengguna motor trail tidak mau ribet.

KTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumendirtbiketest.com KTM 350 EXC-F jadi salah satu motor trail yang cukup digemari konsumen

"Bahkan, terkadang tidak pakai kunci. Sebenarnya, peruntukkannya kan juga bukan untuk perkotaan. Contoh, KTM juga tidak pakai kunci," ujar Lerry, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Tapi, untuk beberapa motor yang tidak dilengkapi dengan sistem pengaman magnetis, masih ada sistem pengaman lainnya. Contohnya, seperti pada motor Honda CRF250 Rally.

Baca juga: HDT M1030M1, Motor Trail Mesin Diesel Berbasis Kawasaki KLR 650

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, untuk fitur safety di sepeda motor Honda pasti sudah diperhitungkan dengan matang.

Honda CRF250 RallyFoto: Astra Honda Motor Honda CRF250 Rally

"Contoh, motor trail CRF 250, walaupun tidak menggunakan secure key shutter, tapi sudah dilengkapi pengaman khusus pada kunci kontaknya. Sehingga, jika kunci kontak diputar paksa, akan langsung mematikan fungsi PGM-FI dan pengapian," kata Ade.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), membenarkan hal tersebut. Endro menyebutkan, pada CBR250RR juga ada sistem keamanan yang sama.

Baca juga: Pengguna Motor Wajib Paham Teknik Mengerem yang Benar

Honda CBR250RR Bravery Red BlackFoto: Istimewa Honda CBR250RR Bravery Red Black

"Benar, di CBR250RR itu ada di sistemnya begitu dipaksa akan memutus sistem PGM-FI. Tapi, baru pada motor 250 cc saja, di motor 150 cc belum ada," ujar Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.