Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alasan Motor Trail Tidak Dilengkapi Kunci Kontak Berpengaman Magnetis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor zaman sekarang banyak yang sudah dilengkapi dengan sistem pengaman magnetis pada kunci kontaknya. Tapi, pengaman tersebut tidak ada pada motor trail.

Baik pada Kawasaki KLX 150, Honda CRF 150L, atau Yamaha WR 155 R, kunci kontaknya juga polos. Tidak ditemukan adanya penutup magnetis pada kunci kontaknya.

Menurut Lerry Rahmat Rizky, modifikator senior dari bengkel spesialis supermoto CAOS Custom, di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan, alasan tidak adanya sistem keamanan tersebut karena pengguna motor trail tidak mau ribet.

"Bahkan, terkadang tidak pakai kunci. Sebenarnya, peruntukkannya kan juga bukan untuk perkotaan. Contoh, KTM juga tidak pakai kunci," ujar Lerry, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Tapi, untuk beberapa motor yang tidak dilengkapi dengan sistem pengaman magnetis, masih ada sistem pengaman lainnya. Contohnya, seperti pada motor Honda CRF250 Rally.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, untuk fitur safety di sepeda motor Honda pasti sudah diperhitungkan dengan matang.

"Contoh, motor trail CRF 250, walaupun tidak menggunakan secure key shutter, tapi sudah dilengkapi pengaman khusus pada kunci kontaknya. Sehingga, jika kunci kontak diputar paksa, akan langsung mematikan fungsi PGM-FI dan pengapian," kata Ade.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), membenarkan hal tersebut. Endro menyebutkan, pada CBR250RR juga ada sistem keamanan yang sama.

"Benar, di CBR250RR itu ada di sistemnya begitu dipaksa akan memutus sistem PGM-FI. Tapi, baru pada motor 250 cc saja, di motor 150 cc belum ada," ujar Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/29/094200815/alasan-motor-trail-tidak-dilengkapi-kunci-kontak-berpengaman-magnetis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke