Berikut Perbandingan Ukuran Ban dan Pelek Motor yang Sesuai

Kompas.com - 23/07/2021, 16:21 WIB
Ban IRC RX-02 Foto: IRCBan IRC RX-02
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti ban sepeda motor standar dengan ukuran lebih lebar merupakan hal biasa. Tapi sering kali penggantian ban tidak dilakukan dengan penggantian pelek.

Untuk diketahui tiap pelek punya ukuran toleransi sendiri. Sehingga aplikasi ban yang terlalu lebar bukannya memberi dampak positif justru bakal berimbas sebaliknya.

Baca juga: Adu Fitur Daihatsu Gran Max Blind Van dan DFSK Gelora Blind Van

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan ban terlalu lebar di pelek kekecilan membuat membuat pelek rentan.

Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015 Produk ban IRC yang dipajang pada Jakarta Fair 2015

"Dikhawatirkan begini, misalkan (lebar) peleknya sekian terus kita beli ban yang lebarnya over. Maka ban nanti tidak pas di pelek. Takutnya saat kurang udara atau bebannya banyak, peleknya tidak kuat," kata Dodi kepada Kompas.com, (12/7/2021).

Dodi panggilannya mengatakan, mengganti ban lebar buka cuma soal gaya tapi juga keselamatan. Karena itu jika ingin maksimal lebar pelek harus proposional dengan lebar ban.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Imbas Rocky Pamor Sirion Redup, Begini Kata Daihatsu

"Sebenarnya ada aturan teknis yang diikuti. Kalau dari kita sebaiknya ganti ukuran sama atau kalau mau menaikkan yang lebih lebar naikkan satu step. Masih aman," katanya.

Penggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Penggantian ban motor sport dengan ukuran lebar harus diikuti dengan pelek dan lengan ayun.

Berikut perbandingan ukuran ban dan pemakaian pelek yang direkomendasikan dari pabrikan ban:

1. Ukuran ban 70/90-16, pelek 1.40x16, 1.60x16

2. Ukuran ban 80/90-16, pelek 1.60x16, 1.85x16, 2.15x16

3. Ukuran ban 90/90-16, pelek 1.85x16, 2.15x16, 2.50x16

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.