Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/07/2021, 15:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Mengganti ban lebih lebar dari ukuran standar dapat membuat tampilan sepeda motor ikut terdongkrak, sebab bagian kaki-kaki jadi terlihat lebih kekar.

Selain itu memakai ban tapak lebar juga dianggap dapat meningkatkan daya cengkeram ban ke aspal. Hal tersebut tidak keliru, meski begitu jangan asal pakai ban lebar.

Baca juga: Regulasi Baru di India, Mencopot Spion Garansi Motor Hangus

Ilustrasi mengecek tekanan udara ban motorDok. Yamaha Ilustrasi mengecek tekanan udara ban motor

Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen IRC Tire, mengatakan, jika ingin mengganti ban dengan ukuran yang lebih besar perhatikan peleknya.

"Sebenarnya ada aturan teknis yang diikuti. Kalau dari kita sebaiknya ganti ukuran sama atau kalau mau menaikkan yang lebih lebar naikkan satu step. Masih aman," katanya kepada Kompas.com, (12/7/2021).

Banyak orang yang mengganti ban tapi tidak memerhatikan pelek, karena ukuran yang dipakai masih aman. Padahal jika ingin hasil maksimal maka lebar pelek harus seimbang dengan lebar ban.

Baca juga: Pengemudi Pemula Wajib Tahu Ciri-ciri Ban Mobil Kempis

Ban Motor bagian depanIstimewa Ban Motor bagian depan

Misalkan kata Dody, ban belakang skutik entry level seperti Honda Beat punya ukuran standar 90/90-14 maka bisa diganti dengan menaikkan satu ukuran jadi 100/90-14. Kalau ganti ukuran 110/90 atau lebih besar lagi peleknya tidak cocok.

"Di pelek itu sebetulnya ada toleransinya, misalkan pelek ukuran lebar 1.60, itu untuk ban lebar apa saja ada ukurannya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com