Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Fitur Daihatsu Gran Max Blind Van dan DFSK Gelora Blind Van

Kompas.com - 23/07/2021, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMobil seperti blind van terbilang cocok untuk digunakan mengantar barang di perkotaan. Mengingat dimensinya yang tidak begitu lebar, cocok masuk ke jalanan sempit di tengah kota.

Untuk pilihan blind van di Indonesia, salah satu yang paling sering terlihat di jalanan adalah Daihatsu Gran Max. Namun sekarang, Gran Max punya pesaing baru dari DFSK, yaitu Gelora blind van.

Sebelumnya sudah dibahas bagian eksterior dari kedua blind van ini dan Gelora punya dimensi yang lebih besar dari Gran Max. Begitu juga untuk kelapangan kabin belakang, Gelora punya volume yang lebih besar.

Baca juga: Respons Jasa Marga soal Orang yang Berbaring di Tengah Jalan Tol

gran max blind vanmitula.net gran max blind van

Sekarang, Kompas.com akan membahas fitur apa saja yang ada pada Gran Max dan Gelora. Kira-kira dengan harga Rp 160 jutaan, siapa yang punya fitur lebih banyak, apakah Gelora atau Gran Max?

Untuk fitur, Gelora bisa dibilang cukup banyak hal-hal mewah yang sebelumnya tidak ada di blind van. Misalnya di bagian kabin, punya power window, takometer di speedometer, head rest yang bisa diatur bahkan pengaturan arah semburan AC.

Sedangkan Gran Max, kaca masih model engkol, tidak ada takometer di speedo, tidak punya pengatur arah semburan AC. Namun Gran Max punya spion yang dilengkapi dengan lampu sein LED.

Baca juga: Dovi Ngebet Balapan Lagi, tapi Tergantung Vinales dan Rossi

50 Unit Gran Max didistribusikan ADM untuk Dewan Masjid Indonesia.Donny Apriliananda/Kompas.com 50 Unit Gran Max didistribusikan ADM untuk Dewan Masjid Indonesia.

Untuk fitur lainnya, seperti head unit single din, bangku pengemudi yang bisa diatur kerebahannya, baik Gran Max atau Gelora, dilengkapi fitur tersebut. Begitu juga di sektor pengereman, depan menggunakan cakram dan di belakang tromol.

Dari fitur-fitur yang ada pada kedua blind van, nampaknya Gelora punya lebih banyak fitur kenyamanan dibanding Gran Max. Soal harga pun Gelora sedikit lebih mahal, sekitar Rp 8 jutaan daripada Gran Max.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com