Sudah Tahu Arti Penamaan Motor dari CBR, YZF, KLX, dan GSX

Kompas.com - 23/07/2021, 11:02 WIB
Honda CBR600RR Dok. HondaHonda CBR600RR

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap pabrikan memiliki nama tersendiri untuk sepeda motornya. Banyak di antaranya yang menggunakan kode huruf atau singkatan, seperti CBR, YZF, GSX, dan lainnya.

Dikutip dari Rideapart.com, Kamis (22/7/2021), Honda banyak menggunakan kode CB dan CBR pada motornya. CB sendiri adalah singkatan dari City Bike dan CBR adalah City Bike Racer.

Dari penamaan tersebut sudah jelas Honda CB series adalah motor untuk perkotaan atau harian dan CBR adalah motor harian yang memiliki performa seperti motor balap.

Baca juga: Sudah Tahu Arti Kode di Belakang Nama Honda CRF?

Honda juga memiliki VTR yang merupakan singkatan dari V-Twin Racing dan VFR yang diambil dari Vee Four Racer.

Penggunaan singkatan juga digunakan oleh Yamaha dan yang paling banyak dikenal adalah nama YZF yang disematkan pada R series, seperti YZF-R25, YZF-R3, YZF-R6, dan YZF-R1.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Yamaha YZF-R7Dok. eppbchannel.com Yamaha YZF-R7

YZF sendiri merupakan kependekan dari Yamaha Zinger Fourstroke. Artinya, motor Yamaha bermesin 4-tak. Sementara untuk MT series, diambil dari Master of Torque.

Suzuki juga terkenal dengan GSX series, baik itu GSX-R series atau GSX-S series. Singkatan dari GSX sendiri adalah Grand Sport eXperimental.

Baca juga: Mengenal Arti Kode Penamaan Motor KTM

Suzuki GSX-R250 Suzuki GSX-R250

Kode R pada GSX-R diambil dari Racing. Sedangkan kode S pada GSX-S, diambil dari Street Sport.

Sedangkan untuk motor trail Kawasaki, banyak yang menggunakan nama KLX. Nama tersebut ternyata adalah singkatan dari Kawasaki Light Cross.

Selain pabrikan Jepang, penggunaan singkatan juga dipakai oleh pabrikan Eropa, seperti Aprilia dengan RSV series. RSV adalah singkatan dari Racing Series V-twin.

Selain nama-nama tersebut, ada juga kode lainnya yang sering digunakan, seperti RR. Kode RR bisa berarti Race Replica atau Race Ready.

Baca juga: Sultan Jangan Sampai Salah, Mengenal Arti Kode Penamaan Motor BMW

Kawasaki KLX 140R FFoto: Kawasaki Kawasaki KLX 140R F

Tidak hanya pada nama-nama motornya saja, beberapa pabrikan juga menggunakan singkatan, seperti MV (Meccanica Verghera) Agusta, KTM (Kraftfahrzeuge Trunkenpolz Mattighofen), BMW (Bayerische Motoren Werke atau Bavarian Motor Works), Bimota (Bianchi Morri Tamburini), dan lainnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.