Mengurus Balik Nama Kendaraan Sendiri, Ini Syarat dan Alurnya

Kompas.com - 21/07/2021, 17:31 WIB
Buku BPKB dan STNK KOMPAS.com/SRI LESTARIBuku BPKB dan STNK
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Balik nama kendaraan bermotor merupakan salah satu langkah penting bagi tiap pembeli sepeda motor danmobil baru, baik dari diler maupun orang lain.

Pasalnya, hal tersebut memudahkan pemilik untuk mengurus berbagai kepentingan kepemilikan dan perpajakan kendaraan terkait. Jadi, tidak harus bolak-balik meminjam KTP pemilik sebelumnya.

Lagipula, mengurus balik nama juga bisa menekan potensi terjadinya kasus kriminal berupa penipuan atau penggelapan kendaraan (ketika membeli motor atau mobil bekas). Maka, pemilik akan menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Video Klip Merangkum Beragam Cara Bodoh Menjemput Maut di Jalan Raya

Suasana pembayaran pajak di Samsat 1 Palembang, Sumatera Selatan, Senin (26/10/2020). Proses pemutihan pajak yang diberlakukan Gubernur Sumsel sejak dua bulan lalu dikeluhkan masyarakat karena banyaknya calo yang berkeliaran.KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Suasana pembayaran pajak di Samsat 1 Palembang, Sumatera Selatan, Senin (26/10/2020). Proses pemutihan pajak yang diberlakukan Gubernur Sumsel sejak dua bulan lalu dikeluhkan masyarakat karena banyaknya calo yang berkeliaran.

Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) sendiri merupakan pajak atas penyerahan hak milik kendaraan sebagai akibat perjanjian dua pihak.

Menurut aturan yang ada, BBNKB adalah salah satu dari jenis pajak daerah yang menjadi kewenangan pemerintah provinsi berdasarkan Pasal 2 ayat (1) huruf b Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (UU PDRD).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun tarif atau biaya yang dikenakan, berbeda-beda setiap daerah sesuai dengan aturan berlaku. Pun demikian dengan jenis kendaraan terkait, baru dari diler atau bekas.

Nah, bagi Anda yang berencana untuk melakukan balik nama, penting untuk mengetahui syarat dan prosesnya. Supaya, tidak ada hambatan berarti ketika menjalaninya.

Baca juga: Hari Ini Sanksi Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan di Tulungagung

Posko pembayaranPajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dalam razia pajak yang digelar di depan gedung Samsat Jakarta Barat, Jumat (11/8/2017).Kompas.com/Sherly Puspita Posko pembayaranPajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dalam razia pajak yang digelar di depan gedung Samsat Jakarta Barat, Jumat (11/8/2017).

Syarat balik nama:

- KTP asli dan fotokopi
- STNK asli dan fotokopi
- BPKB asli dan fotokopi (jika masih dalam masa cicilan, dapatkan surat keterangan dari pihak leasing)
- Hasil cek fisik mobil dari kantor Samsat
- Kuitansi pembelian kendaraan beserta fotokopi yang sudah diberikan materai Rp 6.000

Alur atau proses balik nama:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.