Kompas.com - 17/07/2021, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales mengikuti jejak Andrea Dovizioso. Lepas dari Yamaha, pebalap asal Spanyol ini mengaku belum tahu bagaimana nasibnya untuk musim 2022.

Vinales memutuskan kontraknya lebih awal, seharusnya dia masih menjadi bagian dari Yamaha hingga akhir 2022. Performa yang tak kunjung membaik diduga menjadi salah satu alasannya untuk keluar.

Baca juga: Ducati Coba Lirik Vinales, Lepas Bagnaia

"Saya belum memikirkan tentang 2022. Saya ingin menikmati waktu tanpa balapan," ujar Vinales, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (17/7/2021).

Maverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021Dok. Yamahamotogp.com Maverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021

Meski demikian, nama Vinales kini santer digosipkan dengan Aprilia dan Yamaha. Namun, Vinales sendiri menegaskan tidak masalah jika musim depan dirinya tidak balapan.

"Istirahat tidak akan menjadikan sempurna, karena Anda harus tetap bersaing dan menjaga ritme. Tapi, jika saya tidak merasa baik atau tidak merasa menyenangkan, maka saya tidak perlu balapan" kata Vinales.

Baca juga: Quartararo Santuy Saja Vinales Cabut dari Yamaha

Aprilia masih menyisakan tempat untuk menjadi rekan setim Aleix Espargaro. Begitu pula dengan Ducati, masih ada tempat di tim VR46 dan menjadi rekan setim Luca Marini.

Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales reacts during the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales reacts during the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Saya lebih memilih membuat keputusan dengan tenang. Saya ingin menikmati balapan lagi dan saya akan bersaing secara profesional dan memberikan semua yang saya miliki," ujar Vinales.

Vinales mengaku, perpisahannya dengan Yamaha adalah solusi dari masalah yang dihadapinya. Menurutnya, tidak masuk akal untuk terus dilanjutkan.

Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Bukan motornya yang tidak bekerja, tapi hanya tidak cocok saja dengan saya, dan saya pun harus mencari solusi untuk diri saya. Saya bersyukur pada Yamaha telah memilih saya. Kami sudah mencoba semuanya," kata Vinales.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.