Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales Enggan Memikirkan Soal Nasibnya Tahun Depan

Kompas.com - 17/07/2021, 15:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Maverick Vinales mengikuti jejak Andrea Dovizioso. Lepas dari Yamaha, pebalap asal Spanyol ini mengaku belum tahu bagaimana nasibnya untuk musim 2022.

Vinales memutuskan kontraknya lebih awal, seharusnya dia masih menjadi bagian dari Yamaha hingga akhir 2022. Performa yang tak kunjung membaik diduga menjadi salah satu alasannya untuk keluar.

Baca juga: Ducati Coba Lirik Vinales, Lepas Bagnaia

"Saya belum memikirkan tentang 2022. Saya ingin menikmati waktu tanpa balapan," ujar Vinales, dikutip dari Speedweek.com, Sabtu (17/7/2021).

Maverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021Dok. Yamahamotogp.com Maverick Vinales saat latihan bebas pada MotoGP Belanda 2021

Meski demikian, nama Vinales kini santer digosipkan dengan Aprilia dan Yamaha. Namun, Vinales sendiri menegaskan tidak masalah jika musim depan dirinya tidak balapan.

"Istirahat tidak akan menjadikan sempurna, karena Anda harus tetap bersaing dan menjaga ritme. Tapi, jika saya tidak merasa baik atau tidak merasa menyenangkan, maka saya tidak perlu balapan" kata Vinales.

Baca juga: Quartararo Santuy Saja Vinales Cabut dari Yamaha

Aprilia masih menyisakan tempat untuk menjadi rekan setim Aleix Espargaro. Begitu pula dengan Ducati, masih ada tempat di tim VR46 dan menjadi rekan setim Luca Marini.

Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales reacts during the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales reacts during the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Saya lebih memilih membuat keputusan dengan tenang. Saya ingin menikmati balapan lagi dan saya akan bersaing secara profesional dan memberikan semua yang saya miliki," ujar Vinales.

Vinales mengaku, perpisahannya dengan Yamaha adalah solusi dari masalah yang dihadapinya. Menurutnya, tidak masuk akal untuk terus dilanjutkan.

Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Monster Energy Yamaha MotoGP's Spanish rider Maverick Vinales rides during a qualifying session ahead of the Moto GP Grand Prix of Doha at the Losail International Circuit, in the city of Lusail on April 3, 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

"Bukan motornya yang tidak bekerja, tapi hanya tidak cocok saja dengan saya, dan saya pun harus mencari solusi untuk diri saya. Saya bersyukur pada Yamaha telah memilih saya. Kami sudah mencoba semuanya," kata Vinales.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com