Tutup Semester I, Daihatsu Pertahankan Posisi Kedua Penjualan Nasional

Kompas.com - 16/07/2021, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Adanya relaksasi PPnBM 100 persen dari pemerintah yang saat ini diperpanjang sampai Agustus 2021, membawa angin segar bagi sebagian agen pemegang merek (APM), termasuk untuk PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Berkat stimulus diskon pajak, pasar ritel otomotif nasional di Juni 2021 mencapai 65.000 unit atau naik 2,5 persen dibandingkan Mei. Sementara untuk wholesales, sebesar 72.000 unit, naik 32,7 persen dari bulan sebelumnya yang hanya 54.000 unit.

Pencapaian positif tersebut juga dinikmati Daihatsu. Bahkan mengantarkannya untuk mempertahankan posisi kedua di tangga penjualan otomotif nasional pada semestar awal 2021.

Baca juga: Rapor Penjualan Daihatsu Semester I 2021, Gran Max Masih Idola

Ilustrasi suplai mobil dari pabrik DaihatsuDok. ADM Ilustrasi suplai mobil dari pabrik Daihatsu

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, dari sisi pencapaian Juni di kisaran 12.000 unit, Daihatsu mengalamai kenaikan 16,6 persen dari Mei yang sekitar 10.000 unit.

Jumlah tersebut lebih tinggi dari kenaikan pasar. Demikian juga untuk wholesales, yang pencapaiannya di kisaran 15.000 unit, atau naik 86,3 persen bila dibandingkan bulan sebelumnya dengan jumlah sekitar 8.000 unit.

Baca juga: Update 60 Titik Penyekatan di Jalan Tol, dari Jabodetabek sampai Bali

"Market share kami year to date (ytd) periode Januari-Juni mencapai yang tertingi, yakni 19 persen. Untuk ytd, bila dijumlah sekitar 67.200 unit dengan market share 17,3 persen dan berhasil mempertahankan posisi market share nomor dua di retail sales," kata Hendrayadi dalam konferensi pers virtual, Kamis (15/7/2021).

Daihatsu di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu di IIMS Hybrid 2021

Lebih lanjut Hendrayadi menjelaskan Daihatsu akan berusaha memenuhi permintaan pelanggan di tengah perpanjangan diskon PPnBM. Selain itu, tentunya akan meningkatkan aktivitas digital marketing karena adanya keterbatasan mobilitas di tengah PPKM Darurat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.