PPKM Darurat, Diler Daihatsu Tutup 100 Persen, Bengkel Buka Kapasitas 25 Persen

Kompas.com - 01/07/2021, 14:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Berlakunya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) darurat secara langsung berdampak pada industri otomotif, salah satunya terkait operasional diler dan bengkel resmi di kawasan Jawa-Bali.

Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, pihaknya bakal mengikuti aturan yang ditetapkan pemerintah.

“Seluruh showroom akan tutup 100 persen untuk mendukung peraturan ini,” ujar Amel, kepada Kompas.com (1/7/2021).

Baca juga: Jangan Jadi Lane Hogger Saat Berada di Jalan Tol

Daihatsu di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu di IIMS Hybrid 2021

“Tapi bengkel tetap buka dan aktivitasnya dibatasi hanya 25 persen, dari sebelumnya 75 persen,” kata dia.

Menurutnya, bengkel tetap dibuka lantaran termasuk dalam sektor penting yang mendukung pemulihan Covid-19.

Sementara itu, untuk lokasi diler dan bengkel resmi di luar pulau Jawa dan Bali akan buka mengikuti aturan pemerintah daerah setempat.

Baca juga: Penyebab Ban Mobil Sering Kempis tapi Tidak Bocor

(Ilustrasi) Bengkel Daihatsu bodi repairtunasdaihatsu.com (Ilustrasi) Bengkel Daihatsu bodi repair

“Bengkel tetap harus buka untuk mendukung sejumlah kegiatan, karena beberapa ambulans saja malah ke kita, kalau tutup salah nanti,” ucap Amelia.

“Kapasitas 25 persen itu di Jawa dan Bali, di luar Jawa dan Bali akan mengikuti peraturan di daerah yang berlaku,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo, mengatakan, pemerintah saat ini harus mengambil langkah-langkah yang lebih tegas agar cepat membendung penyebaran Covid-19.

“Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan, dan juga para kepala daerah. Saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak tanggal 3-20 Juli khusus di Jawa dan Bali,” kata Jokowi, dalam konferensi virtual (1/7/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.