Motor Parkir Lama Selama PPKM Darurat, Waspada Aki Tekor

Kompas.com - 16/07/2021, 12:21 WIB
Selain memang tempat memarkir motor, tetapi apa salahnya jika motor orang lain ikut merasakan perlakuan istimewa di garasi rumah Anda? Motor dengan ukuran lebih kecil dari mobil memungkinkan Anda leluasa memberi perawatan di garasi. www.houzz.comSelain memang tempat memarkir motor, tetapi apa salahnya jika motor orang lain ikut merasakan perlakuan istimewa di garasi rumah Anda? Motor dengan ukuran lebih kecil dari mobil memungkinkan Anda leluasa memberi perawatan di garasi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat membuat banyak orang jadi jarang memperhatikan sepeda motornya. Salah satunya adalah kondisi aki.

Saat kondisi motor lama tidak digunakan, banyak yang mengeluh performa aki jadi menurun atau bahkan menjadi soak.

Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta Rendra Kusuma, mengatakan, sebaiknya lepas aki dari motor jika memang sengaja lama tidak digunakan.

Baca juga: Aki Motor Menggelembung, Tanda Sudah Harus Diganti

"Kalau dipasang, nanti listrik dari aki akan terus tersedot," ujar Rendra, saat ditemui Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Aki motor tak jauh berbeda dengan baterai motor listrik. Meski tidak digunakan, tetap saja membutuhkan perawatan.

Ilustrasi aki motorIstimewa Ilustrasi aki motor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Junardi Hwangshuwei, anggota Komunitas Sepeda/Motor Listrik (Kosmik) Indonesia, mengatakan, walaupun tidak dipakai, sebaiknya baterai motor listrik dicabut dari motor.

Selain karena baterai ada self discharging, dalam posisi standby motor listrik umumnya tetap menyedot listrik, meskipun kecil.

Baca juga: Cara Mudah Bikin Umur Aki Motor Matik Lebih Awet

"Sebelum baterai dicabut, harus diisi atau dicas terlebih dahulu sampai penuh. Baterai Sealed Lead Acid (SLA) atau Lithium sama saja, bila hendak kama tidaj dipakai, wajib hukumnya untuk dicas penuh," kata Junardi.

Menurut Junardi, penyimpanan jangka panjang baterai motor listrik juga tetap harus dicas setidaknya setiap dua bulan sekali. Jika baterai tidak dicabut dari motor, harus diisi penuh dan dicas setiap satu minggu atau dua minggu sekali.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X