Kompas.com - 06/06/2021, 10:21 WIB
Ilustrasi aki menggelembung Rudi HansendIlustrasi aki menggelembung

SURABAYA, KOMPAS.com - Membahas komponen pada sepeda motor, maka keberadaan aki tidak dapat diabaikan. Aki berfungsi sebagai alat penyimpan daya listrik pada kendaraan bermotor.

Dengan adanya aki, berbagai komponen kelistrikan dapat berfungsi dengan normal karena disuplai energi listrik yang cukup oleh aki.

Namun masih umum dijumpai penyakit yang dialami pada aki sehingga kinerjanya jadi tidak normal. Salah satu penyakitnya adalah aki yang menggelembung. Lantas mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Baca juga: Ini Deretan Mobil Lawas yang Bisa Dijadikan Investasi

Dwi Suwanto selaku Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya menjelaskan, penyakit aki menggelembung dapat dialami baik pada aki kering maupun aki basah.

"Kalau untuk aki basah, bisa jadi karena air akinya yang kurang," kata Dwi saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (5/6/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi aki motorIstimewa Ilustrasi aki motor

Sementara untuk aki kering, Dwi menjelaskan kemungkinan aki menggelembung disebabkan gel yang ada di dalam aki menguap karena bocor. Terlebih jika dalam proses pengisian daya listrik, voltasenya terlalu besar.

Baca juga: Tarif Bus Patas PO Efisiensi Jawa Tengah dan Jogja Jalur Selatan

Selain itu, penyakit ini juga disebabkan karena pelat cell di dalam aki yang sudah rusak. Tekanan dari pelat cell tersebut yang membuat aki terlihat menggelembung.

Terlebih jika alternator terus mengisi daya ke dalam aki dengan pelat cell yang sudah rusak. Hal ini akan menimbulkan suhu panas yang berlebih.

Oleh sebab itu, jika aki memang sudah terlihat menggelembung, itu berarti pertanda bahwa memang aki harus segera diganti dengan yang baru.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X