Begini Trik Mudah Parkir Mobil Paralel untuk Pengemudi Pemula

Kompas.com - 16/07/2021, 11:22 WIB
ilustrasi parkir mobil pararel https://www.kirklandhonda.com/parallel-parking-tips/ilustrasi parkir mobil pararel

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika berpergian ke suatu tempat, keterbatasan lahan parkir kerap menjadi persoalan utama para pengemudi mobil.

Penyebabnya beragam, bisa karena tempat tersebut ramai pengunjung atau memang kapasitas parkir yang terbatas. Jika sudah begitu, mau tak mau pemilik mobil pun harus memarkirkan mobilnya secara paralel.

Saat parkir paralel, kerap kali kita merasa dikejar oleh waktu karena pengendara atau mobil belakang sudah mengantre yang akhirnya menyebabkan kemacetan.

Baca juga: Pentingnya Memanaskan Mesin Mobil Secara Teratur Selama PPKM Darurat

Hal ini tentu bisa menjadi momok menakutkan bagi sebagaian pengemudi, terutuma untuk mereka yang belum begitu mahir mengendarai mobilnya.

Salah satu akun tiktok @matiaskursusmengemudi yang membagikan trik untuk parkir paralel. Dalam video tersebut dijelaskan bagaimana caranya agar pengemudi bisa dengan mudah mendapatkan posisi parkir paralel yang sesuai tanpa harus memakan waktu lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

@matiaskursusmengemudi

Parkir Paralel Lebih Mundah

? suara asli - matiaskursusmengemudi

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, cara parkir paralel seperti yang ada di video tersebut memang bekerja dan dapat diterapkan oleh pengemudi mobil yang hendak parkir paralel.

“Sama seperti di video tersebut, langkah pertama buat bumper belakang sejajar dengan kaca spion mobil kendaraan yang di sebelah,” ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Marcell melanjutkan, bisa juga dengan cara membuat bumper belakang sejajar dengan mobil yang ada di sebelah. Namun, cara ini lebih sulit dilakukan.

Parkir ParalelDoc Marcell Kurniawan Parkir Paralel

“Kemudian, langkah selanjutnya adalah bodi mobil sebelah kanan dibuat sejajar dengan mobil yang ada di pojok kiri belakang,” ucapnya.

Setelah itu, cek keadaan sekitar baik sisi kiri dan sisi kanan sebelum mundur melalui kaca spion.

“Terakhir, balas kemudi ke kanan saat pilar A sudah sejajar dengan ujung kanan kendaraan,” kata Marcell.

Baca juga: Di rumah Saja, Begini Cara Mudah Merawat Standar Sepeda Motor

Marcell juga mengingatkan, para pengemudi mobil untuk pastikan masih ada jarak yang tersisa dengan kendaraan di depan mau pun di belakang, agar mobil tersebut tidak mengalmai kesulitan saat ingin mengeluarkan mobilnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X