Kompas.com - 15/07/2021, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Belum lama ini kembali terjadi kecelakaan yang melibatkan remaja dengan truk. Remaja yang dengan sengaja menghadang truk harus terlindas karena truk tidak bisa berhenti.

Aksi remaja yang menghadang truk di jalanan saat ini memang ramai dilakukan, bahkan dibuat video untuk diunggah ke media sosial. Namun tentunya aksi seperti ini sangatlah berbahaya, jika terlambat mengerem, remaja tadi bisa terlindas.

Maraknya aksi remaja ini, tentu pengemudi truk harus lebih waspada. Mengingat jika terlibat tabrakan, tentu sopir truk diminta tanggung jawab, bahkan bisa sampai ke jalur hukum.

Baca juga: Update PPKM Darurat, Pos Penyekatan Jakarta Diperluas Jadi 100 Titik

Aksi remaja hadang truk Foto: Tangkapan layar Aksi remaja hadang truk

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pengemudi truk agar bisa menghindari tabrakan dengan aksi remaja yang membahayakan.

“Ketika ditemukan anak-anak bergerombol di pinggir jalan, segera bersiap-siap mengerem untuk mengantisipasi tindakan ekstrem dari orang tersebut,” kata Sony kepada Kompas.com Kamis (15/7/2021).

Baca juga: Berulang, Remaja Pria Terlindas Truk demi Konten Viral

Sony mengatakan, lebih baik truk berhenti daripada kaget dan melindas remaja tadi. Mengingat jika sudah ada korban, sopir bisa tersangkut masalah hukum.

“Jarak berhenti truk enggak bisa seketika, butuh jarak yang panjang. Selain itu, enggak bisa juga banting setir untuk menghindar karena keseimbangan truk langsung hilang dan berujung kecelakaan,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.