Hyundai Pastikan Mobil Listrik CKD Meluncur di Indonesia Maret 2022

Kompas.com - 15/07/2021, 07:22 WIB
Review Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-an Kompas.com / Setyo AdiReview Hyundai Kona Electric. SUV berpenggerak listrik dari Hyundai dengan banderol Rp 600 juta-an

JAKARTA, KOMPAS.comHyundai memastikan rencana bisnis di Indonesia akan dilakukan serius. Kabar terkini, pabrik Hyundai di kawasan Deltamas, Bekasi, Jawa Barat, sudah mendekati rampung.

Dengan kapasitas 150.000 unit sampai 250.000 unit setahun, rencananya fasilitas tersebut bakal segera memproduksi mobil mulai tahun ini.

Tak cuma mobil listrik, Hyundai Indonesia juga dipastikan akan meluncurkan mobil dengan berpenggerak mesin konvensional.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Update Lokasi Penyekatan Jalan di Bandung

Ilustrasi proses charge mobil listrik Hyundai IoniqKOMPAS.com/Ruly Ilustrasi proses charge mobil listrik Hyundai Ioniq

Lee Kang Hyun, COO Hyundai Motor Asia Pacific, mengatakan, rencananya pada 2021 sampai 2022 akan ada tiga model yang dilahirkan dari pabrik yang berlokasi di Bekasi itu.

"Jadi memang tahun ini kira-kira bulan Mei sudah mulai pilot production,” ujar Lee, dalam webinar Investor Daily Summit 2021 (14/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Dan akhir tahun ini meluncurkan 1 model ICE (Internal Combustion Engine) dulu. Lalu, tahun depan rencana keluarkan dua model ICE," kata dia.

Baca juga: Ini Harga Terbaru Avanza di Yogyakarta per Juli 2021

Ilustrasi Hyundai Hexa Space MPV Concept, yang digadang-gadang menjadi model konsep dari Hyundai Stariagaadiwaadi.com Ilustrasi Hyundai Hexa Space MPV Concept, yang digadang-gadang menjadi model konsep dari Hyundai Staria

Lee juga mengatakan, untuk mobil listrik Hyundai akan diproduksi dengan status CKD (Completely Knock Down), paling lambat tahun depan.

"Tahun depan ada rencana mengeluarkan satu mobil listrik, sekitar mungkin bulan Maret akan kita luncurkan CKD di Indonesia," ucap Lee.

Belum diketahui mobil listrik apa yang bakal diproduksi secara lokal. Namun, diprediksi mobil ini merupakan jenis baru yang belum pernah hadir di Indonesia.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Ragam Bunyi Sirene Ambulans

Ilustrasi Hyundai Ioniq 5AUTOCAR.co.uk Ilustrasi Hyundai Ioniq 5

Banyak spekulasi bermunculan, salah satunya IONIQ 5 dirancang dengan platform khusus yakni Electric Global Modular Platform (E-GMP).

Model ini mungkin saja diproduksi secara lokal, sebab mobil ini sudah diluncurkan pada Februari 2021 dan menggunakan platform yang berbeda dengan mobil listrik Hyundai sebelumnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.