Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menikung Aman Agar Tidak Keluar Jalur

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada saat berkendara, kita harus siap mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi di jalan raya. Tentu saja dibutuhkan konsentrasi penuh dan kewaspadaan tinggi ketika mengendarai sepeda motor.

Salah satu yang wajib diwaspadai adalah ketika pengendara akan menikung, apalagi dengan kecepatan tinggi atau jalan yang licin. Jika salah, tentu saja akan mengakibatkan pengendara motor keluar jalur atau bahkan tergelincir di tikungan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada saat menikung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

"Pada saat mengetahui akan ada tikungan, yang pertama dilakukan adalah mengurangi kecepatan kendaraan bermotor untuk antisipasi. Seandainya kecepatan tidak berkurang, maka posisi kendaraan harus semakin miring saat melewati tikungan," kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Pada saat akan memasuki tikungan, pegendara akan dihadapkan dengan pilihan untuk mengambil jalur menikung luar atau jalur dalam. Hal ini perlu dipertimbangkan agar nantinya motor tidak keluar jalan saat menikung.

"Pada saat memasuki tikungan, usahakan ambil jalur menikung di bagian dalam, jangan yang luar. Karena kalau misal kendaraaan terlalu tegak dan posisinya di bagian luar jalan, maka yang terjadi pengendara akan keluar jalur," ucap Agus.

Bagi pengendara yang menggunakan motor sport atau motor dengan kopling, disarankan untuk langsung menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Setelah motor di tikungan, baru tarik kopling untuk pindah gigi dan kemudian gas lagi.

Saat kondisi menikung, usahakan juga posisi kemiringan badan sesuai dengan kemiringan motor. Jika motor miring ke kiri, usahakan badan mengikuti untuk miring ke kiri, begitu juga sebaliknya.

Hal ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan sepeda motor pada saat menikung. Pada saat menikung pastikan juga situasi di sekeliling untuk memastikan kondisi aman.

Pastikan juga pada saat di tikungan, jangan terlalu dekat dengan pengguna jalan lain. Akan ada kemungkinan terjadi senggolan apabila jarak dengan pengendara lain terlalu mepet.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/11/164100215/cara-menikung-aman-agar-tidak-keluar-jalur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke