Kompas.com - 01/07/2021, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang tidak digunakan dalam jangka waktu cukup lama bisa menjadi tempat serangga kecil seperti nyamuk untuk berkembang biak.

Keberadaan hewan ini tidak hanya mengganggu pengemudi, namun juga berisiko menyebarkan penyakit seperti demam berdarah.

Owner Makko Group Christopher Sebastian mengatakan, nyamuk yang berasarang pada kabin mobil bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Baca juga: Dampak Bila Motor Baru Telat Servis Pertama

“Bisa karena lembab, cahaya yang masuk sedikit atau gelap, karena nyamuk suka dengan kegelapan. Nyamuk itu bisa masuk saat pintu atau kaca mobil dibuka,” ujar Christopher saat dihubungi oleh belum lama ini.

Sebagai pencegahan agar nyamuk tidak bersarang di kabin mobil, menurut Christopher ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Proses fogging di dalam kabin mobilVertue Concept Proses fogging di dalam kabin mobil

“Pertama, pastikan jendela mobil tertutup rapat, dan parkir mobil di bawah sinar matahari untuk beberapa saat. Sebab, nyamuk tidak tahan terang dan panas. Kemudian selalu bersihkan interior mobil dari sisa makanan, sampah, dan lainnya,” kata dia.

Baca juga: Ducati Rilis Sepeda Lipat Listrik, Harga Setara Vixion      

Terakhir, Christopher mengatakan, cara yang paling efektif adalah dengan melakukan fogging. Namun bukan fogging yang berfungsi sebagai pengharum atau pewangi melainkan fogging antiseptik.

“Lakukan fogging yang berfungsi membunuh kuman sekaligus dapat mengusir nyamuk dan serangga, karena kandungannya sudah terbukti sangat efektif mengusir nyamuk bahkan dapat membunuh kuman atau virus,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.