Uji Konsumsi BBM Wuling Almaz RS di Dalam Kota

Kompas.com - 30/06/2021, 17:31 WIB
Wuling Almaz RS KOMPAS.com/RulyWuling Almaz RS
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz RS merupakan medium sport utility vehicle (SUV) yang memiliki tampang dan teknologi terkini, dengan harga yang cukup terjangkau.

Menjadi varian tertinggi untuk model Almaz, kehadirannya di pasar dalam negeri membuat mobil ini mendapat respons positif. Terlebih, ada beberapa aspek yang telah disempurnakan.

Redaksi Kompas.com berkesempatan menjajal kendaraan gagah ini selama akhir pekan. Walau terdapat pembatasan pada beberapa ruas jalan, kami mencoba untuk menguji keandalan Almaz RS di dalam kota secara terbatas.

Baca juga: Impresi Desain Eksterior dan Interior Wuling Almaz RS, Apa yang Spesial?

Wuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpahKompas.com/Setyo Adi Wuling Almaz Rising Star (RS). SUV dengan banderol Rp 350 jutaan ini ditawarkan dengan fitur melimpah

Di atas kertas, varian ini tidak mengalami perubahan dapur pacu. Mesin berkapasitas 1.451 cc 4-silinder turbo masih dipercayakan pada SUV tersebut.

Tenaganya mencapai 140 daya kuda dan torsi 250 Nm. Memang dibandingkan dengan pesaing di kelasnya, mobil ini bukan yang terbuas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Putaran bawahnya masih kerap ditemukan turbo-lag, atau respons tidak cukup cepat. Akselerasinya juga biasa saja, kecuali mode berkendara dipindahkan ke S.

Tetapi bila bicara kenyamanan, transmisi CVT 8-percepatan pada Almaz RS cukup berkerja optimal. Tidak ditemukan gejala yang mengganggu saat perpindahan gigi, termasuk suaranya.

Tidak sampai di sana, kekedapan dan bantingan suspensi mobil pun terbilang empuk atau tidak rigid, sehingga begitu nyaman saat berpergian dengan jarak menengah.

Baca juga: [VIDEO] Review Wuling Almaz RS, SUV Canggih di Segmen Rp 350 Juta

Cluster meter Wuling Almaz Cluster meter Wuling Almaz

Kompartemen yang tersedia juga begitu banyak, di sertai ruang kaki dan kepala sangat luas. Belum lagi, seluruh kursi bisa diatur rebah-tegaknya menyesuaikan kebutuhan dan postur tubuh.

Namun saat proses buka-tutup pintu terasa cukup berat dan tak banyak material soft touch yang bisa dinikmati.

Untuk konsumsi bahan bakar Almaz RS sendiri, tidak bisa dibilang ekonomis. Menurut pencatatan MID, dengan jarak 398,1 km rata-rata konsumsi BBM mencapai 10,5 km/liter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.