Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uji Konsumsi BBM Wuling Almaz RS di Dalam Kota

JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling Almaz RS merupakan medium sport utility vehicle (SUV) yang memiliki tampang dan teknologi terkini, dengan harga yang cukup terjangkau.

Menjadi varian tertinggi untuk model Almaz, kehadirannya di pasar dalam negeri membuat mobil ini mendapat respons positif. Terlebih, ada beberapa aspek yang telah disempurnakan.

Redaksi Kompas.com berkesempatan menjajal kendaraan gagah ini selama akhir pekan. Walau terdapat pembatasan pada beberapa ruas jalan, kami mencoba untuk menguji keandalan Almaz RS di dalam kota secara terbatas.

Di atas kertas, varian ini tidak mengalami perubahan dapur pacu. Mesin berkapasitas 1.451 cc 4-silinder turbo masih dipercayakan pada SUV tersebut.

Tenaganya mencapai 140 daya kuda dan torsi 250 Nm. Memang dibandingkan dengan pesaing di kelasnya, mobil ini bukan yang terbuas.

Putaran bawahnya masih kerap ditemukan turbo-lag, atau respons tidak cukup cepat. Akselerasinya juga biasa saja, kecuali mode berkendara dipindahkan ke S.

Tetapi bila bicara kenyamanan, transmisi CVT 8-percepatan pada Almaz RS cukup berkerja optimal. Tidak ditemukan gejala yang mengganggu saat perpindahan gigi, termasuk suaranya.

Tidak sampai di sana, kekedapan dan bantingan suspensi mobil pun terbilang empuk atau tidak rigid, sehingga begitu nyaman saat berpergian dengan jarak menengah.

Kompartemen yang tersedia juga begitu banyak, di sertai ruang kaki dan kepala sangat luas. Belum lagi, seluruh kursi bisa diatur rebah-tegaknya menyesuaikan kebutuhan dan postur tubuh.

Namun saat proses buka-tutup pintu terasa cukup berat dan tak banyak material soft touch yang bisa dinikmati.

Untuk konsumsi bahan bakar Almaz RS sendiri, tidak bisa dibilang ekonomis. Menurut pencatatan MID, dengan jarak 398,1 km rata-rata konsumsi BBM mencapai 10,5 km/liter.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/30/173100015/uji-konsumsi-bbm-wuling-almaz-rs-di-dalam-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke