Seberapa Mahal Perawatan Mobil Transmisi Matik Dibanding Manual?

Kompas.com - 30/06/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi proses mengganti oli transmisi otomatis Otomania/Setyo AdiIlustrasi proses mengganti oli transmisi otomatis
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Dengan segala kemudahan dan kepraktisannya, harga mobil baru bertransmisi otomatis cenderung lebih mahal dibandingkan manual. Namun bagaimana dengan biaya perawatannya?

Banyak yang menganggap biaya perawatan mobil manual lebih murah daripada matik. Meski begitu, perbedaan harga rupanya tidak terlalu signifikan.

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor, mengatakan, biaya perawatan mobil bertransmisi matik tidak berbeda jauh dengan mobil manual.

Baca juga: Ini PO Bus AKAP Pertama yang Pakai Bus Tingkat di Indonesia

Ilustrasi servis mobil di diler SuzukiDok. PT SIS Ilustrasi servis mobil di diler Suzuki

Mobil matik kerusakannya bisa mahal kalau ada tindakan yang mengakibatkan banyak kerusakan misal, saat kendaraan mogok didorong atau ditarik,” ujar Supriyadi, kepada Kompas.com (29/6/2021).

“Kemudian, bila ada kebocoran oli tidak segera diperbaiki. Hal-hal tersebut yang mengakibatkan kerusakan menjadi fatal sehingga harus keluar biaya yang cukup besar,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis Worner Matic, berujar jika perawatan mobil matik memang memiliki biaya yang sedikit lebih besar.

Baca juga: Polda Metro Perluas Lokasi Pembatasan Mobilitas di Jadetabek

Tuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-DriveKompas.com - AFH Tuas transmisi BMW X1 masih memakai model lama langkap dengan i-Drive

Terutama dalam hal penggantian oli, yang memerlukan beberapa liter oli sesuai dengan spesifikasinya. Namun, untuk perawatan yang lain bisa dibilang hampir tidak ada.

“Kalau manual, ada perawatan berupa biaya ganti oli. Selain itu, mobil manual juga interval penggantian kampas koplingnya lebih pendek dari pada mobil matik yang bisa mencapai 5 atau bahkan 10 tahun,” ucap Hermas.

Lain halnya dengan mobil matik, dalam periode tersebut hanya perlu penggantian oli saja. Sementara kampas kopling tidak diperlukan selama belum ada gejala yang terasa.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.