Pengemudi Arogan, Innova Ngotot Lawan Arah hingga Mengancam Memukul

Kompas.com - 28/06/2021, 08:02 WIB
Pengemudi Toyota Innova lawan arah hingga mengancam memukul instagram.com/dashcamindonesiaPengemudi Toyota Innova lawan arah hingga mengancam memukul

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu video tengah viral di media sosial menunjukkan pengemudi mobil Toyota Innova berwarna hitam melaju di jalur berlawanan arah.

Alhasil, mobil lain yang melaju dari arah yang benar tidak bisa melintas karena jalan yang sempit. Anehnya, pengemudi mobil yang melawan arah tersebut justru marah.

Dalam video berdurasi 2 menit 58 detik yang diunggah oleh akun Instagram @dashcamindonesia, Minggu (27/6/2021), pengemudi Toyota Innova dengan nomor polisi B 1411 NMM itu sampai turun dan menghampiri pengemudi mobil yang berada di jalur sebenarnya.

Baca juga: Bolehkan Mencampur Nitrogen dengan Udara Biasa buat Ban

“Kamu ngalah sedikitlah. Nanti saya tabrak kamu,” ucap pengemudi Innova dalam video tersebut.

Namun, pengemudi yang berada di jalur yang benar itu tak mau memberi jalan dan tetap berada di jalurnya. Akhirnya pengemudi Innova memundurkan mobilnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, tak berhenti sampai di situ, pengemudi Innova kembali turun untuk mengambil botol yang ada di tepi jalan dan menghampiri pengemudi mobil yang tak mau memberi akses kepadanya.

Pria paruh baya yang menggunakan baju putih itu tampak terus mengetuk kaca mobil dan mengacungkan botol. Insiden tersebut diketahui terjadi di Bandar Lampung.

Menanggapi hal ini, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, pengemudi yang lawan arah memang kerap membuat pengendara lain naik pitam, tetapi tidak diperkenankan untuk bertindak negatif.

Dari kacamata safety driving, justru hal yang harus dilakukan adalah mengalah dan menghindar.

“Sebab, kalau diladeni, nanti bukannya menyelesaikan masalah, malah menambah masalah,” ucap Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Pantauan MPV Bekas Harga di Bawah Rp 70 Juta di Surabaya

Menurut Jusri, ada empat poin yang harus diingat pengemudi saat bertemu pengendara yang melawan arah.

“Pertama, berpikir bahwa keselamatan adalah hal yang utama. Kedua, jika terjadi kecelakaan, akan merugikan semua yang terlibat. Ketiga, mengalah; dan terakhir, menilai pengguna jalan lain benar atau salah bukan tugas pengemudi,” kata Jusri.

Jusri menambahkan, urusan semua pengguna jalan adalah menjauhi konflik dan kecelakaan.

“Jalanan adalah lokasi tempat berkumpul segala macam masalah, berpikir bijak merupakan hal utama untuk mencapai keselamatan sampai di tujuan,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.