Bodi Monokok Buatan Adiputro Sudah Hadir Sejak 90-an

Kompas.com - 27/06/2021, 17:31 WIB
Bus Neoplan The Valueable ExperienceBus Neoplan

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Adiputro belum lama ini merilis satu varian bus terbaru. Bus ini diberi nama Jetbus Transit, sebuah bus medium dengan bodi monokok serta coil spring yang dibuat untuk bus perkotaan.

Adiputro sendiri mengklaim kalau bus ini lebih ringan karena memakai model monokok. Selain itu, menggunakan coil spring sebagai sistem suspensinya juga dibilang lebih stabil sehingga membuat penumpang nyaman.

Sebenarnya, Jetbus Transit ini bukan produk pertama dari Adiputro yang memakai bodi monokok. Karoseri Adiputro pertama kali membuat bodi bus monokok pada tahun 1990-an.

Baca juga: Tak Terima Diklakson, Pengemudi Pajero Sport Ngamuk dan Merusak Truk

Bus NeoplanHisyam_2542 Blogspot Bus Neoplan

Saat itu karoseri asal Malang ini mendapatkan lisensi dari pembuat bus di Jerman, Neoplan. Neoplan ini juga menjadi nama dari produk Adiputro yang memakai bodi monokok dan menjadi yang pertama memakai suspensi udara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain bus yang menggunakan bodi monokok, tampilan bus ini juga bisa dibilang keren. Karena bodi tersebut, bus jadi terlihat lebih ceper, ditambah tampilannya yang mengotak dengan lampu depan yang disusun secara horizontal.

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, untuk bodi Neoplan buatan Adiputro, mesin dan komponen kaki-kaki menggunakan dari sasis yang ada di dalam negeri. Namun peredarannya tidak begitu banyak.

Baca juga: Jajal Kenyamanan Toyota HiAce yang Disulap Jadi Motorhome

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hisyam N (@hisyam_2542)

 

“Biaya buatnya mahal. Memang bodinya nyaman, tapi soal bebannya, nampaknya tidak begitu berbeda dengan bus pada umumnya,” kata Dimas kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Namun beberapa tahun selanjutnya, perkembangan bus dengan bodi monokok ini tidak berlanjut. Bus yang beredar saat ini tidak lagi monokok, paling ada yang modular, yaitu dua sasis yang digabung dengan space frame untuk bagasinya.

Kita lihat saja kabar dari Jetbus Transit ini. Kira-kira kapan ya Jetbus Transit akan mulai marak di jalan perkotaan di Indonesia? Menarik untuk ditunggu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X