Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikuti Aprilia, Yamaha Mulai Pakai Alat Bantu Start Depan

Kompas.com - 31/05/2021, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha mulai bereksperimen juga dengan alat bantu start. Kali ini, terlihat pebalapnya mulai menggunakan alat bantu start depan atau front start device.

Sebelumnya, Yamaha juga sudah ikutan menggunakan alat bantu start belakang atau holeshot device. Tak lama kemudian, alat tersebut dipakai juga saat di tikungan.

Front start device ini prinsip kerjanya sama saja dengan holeshot device. Tapi, alatnya diletakkan pada suspensi depan. Persis seperti yang digunakan pada motocross.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021 Usai GP Italia, Quartararo Tetap di Puncak

Tujuannnya juga sama, mencegah ban depan terangkat saat motor berakselerasi.

"Saya sangat senang, sangat senang karena sejak Qatar pertama setiap saat saya membuat hasil yang luar biasa atau pole position, saya mendorong teknisi Jepang bahwa ini paling penting," ujar Quartararo, dikutip dari Motorsport.com, Senin (31/5/2021).

Yamaha pakai alat bantu start depan atau Front Start DeviceDok. MotoGP Yamaha pakai alat bantu start depan atau Front Start Device

Quartararo menambahkan, sekarang dirinya tidak mempunyai alasan lagi untuk tampil buruk. Sebab, alat tersebut sudah bisa digunakan.

"Tentu saja, kami harus mengembangkannya, karena ini pengetesan pertama kami, tapi kami sudah melihat peningkatan besar. Jadi, saya super senang, sepertinya kami bisa membuat hal yang lebih baik," kata Quartararo.

Baca juga: Hasil MotoGP Italia - Quartararo Sempurna, Ducati Merana

Di antara semua pabrikan di MotoGP, Aprilia yang duluan mengandalkan front start device. Sekarang, Yamaha, Ducati, KTM, dan Honda, juga mulai ikut menggunakannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com