Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Aman Melewati Turunan Pakai Skutik

Kompas.com - 16/06/2021, 09:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

MAGETAN, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan antara dua sepeda motor skuter matik (skutik) di Jalan Raya Sarangan-Cemorosewu, Magetan pada Selasa (15/6/2021). Peristiwa tersebut terjadi di jalan menurun.

Menurut penuturan Kanit Lantas Polsek Plaosan Iptu Akhmad Suryani dilansir dari Kompas.com, Selasa (15/6/2021), kecelakaan tersebut terjadi akibat salah satu skutik mengalami gangguan sistem pengereman saat melewati jalur menurun yang menikung.

"Saat di jalan menurun dan menikung, kendaraan mengalami gangguan rem sehingga masuk jalur kanan," ungkap Suryani.

Baca juga: Honda Super Cub C125 Diskon, Pesan Sekarang Datang Tahun Depan

Ilustrasi touring menggunakan sepeda motorDok. DAM Ilustrasi touring menggunakan sepeda motor

Pada saat yang bersamaan, ada sepeda motor skutik lain yang melintas dari jalur berlawanan. Akibatnya tabrakan antar dua skutik ini tidak dapat dihindari. 

Umumnya orang-orang memang mengasumsikan berkendara melewati jalan menurun dengan skutik adalah tindakan yang berbahaya. Sebab jenis motor ini cenderung terasa nge-loss di jalan menurun.

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana menjelaskan, ada teknik untuk pengendara skutik saat melewati turunan agar tetap aman.

"Penekanan rem skutk ketika keadaan mesin loss tadi harusnya tidak ditarik penuh, melainkan agak pelan sampai kondisi motor melambat," kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kenapa Mobil Baru dari Diler Diisi Bensin Hanya Setengah Tangki

Touring Honda PCX di BaliAloysius Gonsaga AE/Kompas.com Touring Honda PCX di Bali

Ia menambahkan, saat melewati jalan menurun, usahakan tetap membuka gas sedikit, jangan ditutup habis. Hal ini ini dilakukan agar mesin tidak loss seperti netral. Laju skutik jadi ditahan oleh putaran rendah dari mesin.

“Lalu gunakan kedua rem untuk mengurangi laju skutik. Kemudian kalau belum menguasai medan yang dilewati, pelihara pandangan jauh ke depan agar dapat mengantisipasi pengereman secara tepat apabila ada potensi bahaya,” kata Agus lebih lanjut.

Penguasaan medan atau jalur yang mau dilewati itu penting. Dengan begitu, pengendara motor bisa tahu titik-titik bahaya seperti lubang, jalan licin, turunan panjang dan belokan tajam.

Rem Blong

Ilustrasi motorOtomania/Setyo Adi Ilustrasi motor

Sepeda motor dengan transmisi otomatis menjadi kendaraan yang paling diminati oleh masyarakat saat ini.

Pasalnya, pengendara tidak perlu repot-repot memindahkan gigi transmisi untuk mengurangi kecepatan.

Semuanya sudah diatur secara otomatis sehingga pengendara hanya tinggal puntir gas dan main tuas rem saja untuk berhenti atau mengurangi kecepatan.

Meski begitu, banyak pengendara skutik yang kurang menyadari bahwa ada bahaya yang bisa saja terjadi saat mengendarai skutik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com