Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyumbang Terbesar Kedua, Berapa Penjualan Honda di Bandung

Kompas.com - 12/06/2021, 13:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain Jakarta, Jawa Barat diklaim menjadi kota kedua penyumbang penjualan terbesar Honda di Indonesia.

Hal ini menjadi salah satu dasar PT Honda Prospect Motor (HPM) memilih Kota Kembang sebagai destinasi perdana road show calon mobil 7 penumpang barunya, yakni N7X Concept.

"Kenapa Bandung, karena terdekat dari Jakarta dan penyumbang terbesar setelah Jakarta. Kontribusi penjualannya 14-15 persen dari total penjualan Honda di Indonesia," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (10/6/2021).

Bicara pencapaian, sejak awal 2021 pemasaran produk-produk mobil Honda di wilayah Jawa Barat dan Banten melonjak signifikan dibanding saat pandemi Covid-19 mulai melanda di 2020 lalu.

Baca juga: Bukan Suksesor BR-V dan Mobilio, Ini Jawaban Honda soal N7X

Honda CR-V Prestige 2021. Menawarkan fitur keamanan Honda SensingKompas.com/Setyo Adi Honda CR-V Prestige 2021. Menawarkan fitur keamanan Honda Sensing

Kondisi ini disampaikan Operational Director Honda Bandung Center Iwan Tjandradinata, yang mengatakan, penjualan di wilayahnya berangsur-angsur membaik dan diharapkan pada Juni 2021 bisa menyentuh hingga 7.000 unit.

"Untuk Jawa Barat-Banten karena memang kami membawahi wilayah tersebut, dalam lima bulan terakhir dari Januari hingga Mei ini kita berhasil menjual 5.750 unit naik sekitar 22 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," kata Iwan.

Sementara untuk penjualan Mei lalu, jumlahnya sama dengan April, yakni sebanyak 1.200 unit. Kondisi tersebut menurut Iwan cukup baik, apalagi dibandingkan pada Mei 2020 lalu yang sangat sedikit sekali.

Tren positif tersebut diharapkan bisa terus bertahan, bahkan bisa meningkat meski saat ini relaksasi PPnBM dengan skema insentif sudah memasuki jilid dua yang menjadi 50 persen.

"Kami harapkan tentunya dengan insentif PPnBM periode kedua, penjualan kami di Juni ini ini mencapai terget. Dengan demikian, mudah-mudahan secara total penjualan Honda di Jawa Barat dan Banten di Januari-Juni bisa mendekati 7.000 unit," ucap Iwan.

Baca juga: Beda Duet Xpander Rockford Fosgate Black Edition Dulu dan Sekarang

Honda menampilkan mobil konsep terbaru Honda N7X Concept di Main Atrium, Trans Studio Mall Bandung mulai dari 10 – 13 Juni 2021. Setelah itu, mobil yang digadang-gadang bakal bermain di segmen SUV murah tersebut, akan hadir di Semarang, Surabaya, dan Makassar.

Ketika ditanya soal harapan terkait hadirnya N7X, Ang Kok Bin, President Director Honda Bandung Center mengatakan, sangat percaya diri bila mobil tersebut akan mendapat animo yang tinggi ketika sudah diproduksi dan dipasarkan.

N7XKompas.com/SetyoAdi N7X

"Tentunya kita sangat percaya diri bila mobil tersebut (N7X) nantinya diluncurkan tentu akan ikut meramaikan pasar di Bandung. Kami juga yakin N7X bisa mengambil pangsa pasar yang cukup baik di kelasnya," ujar Ang Kok Bin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com