Cegah Korsleting, Jangan Semprot 2 Bagian ini di Motor Listrik

Kompas.com - 31/07/2020, 08:01 WIB
Motor listrik BF Goodrich BF-CG Kompas.com/DonnyMotor listrik BF Goodrich BF-CG
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap pabrikan sepeda motor listrik pasti sudah memperhitungkan area-area yang rawan terjadi korsleting. Karena itu beberapa bagian yang rawan dibuat tahan atau kedap air.

Meski begitu, Reza Rezdie, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, saat mencuci motor listrik ada baiknya hindari menyemprot langsung di bagian baterai dan soket isi daya.

Baca juga: Waktu yang Tepat Mengisi Daya Baterai Sepeda Motor Listrik

“Jok harus tertutup rapat dan tempat kabel charging juga harus tertutup rapat. Selebihnya sih sama seperti motor biasa,” katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Motor listrik Kawasaki EndeavorBennetts.co.uk Motor listrik Kawasaki Endeavor

Reza mengatakan, tidak perlu khawatir terjadi korsleting asal bagian kelistrikan tidak ada yang terbuka. Pemilik motor listrik juga tidak perlu takut jika ingin cuci motor di tukang cuci steam.

Hanya saja karena bagian baterai dan kontroler cukup krusial memang sebaikanya tidak disemprot langsung.

Baca juga: Ingin Beli Motor listrik, Perhatikan Charger Baterainya

Taknisi Viar, Abdul, mengatakan, meski aman dari air tapi memang sebaiknya beberapa bagian tidak disemprot langsung dengan air bertekanan tinggi. Guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

"Misal, mencuci dengan steam perlu diperhatikan untuk daerah controller. Tidak boleh dengan tekanan tinggi," kata Abdul.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X