Kejar Produksi, Toyota Klaim Inden Raize Cuma 2 Bulanan

Kompas.com - 17/06/2021, 11:51 WIB
Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense Toyota Raize GR. Varian teratas SUV Kompak dengan fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingginya animo masyarakat terhadap Toyota Raize, membuat pemesanannya meningkat drastis sejak diluncurkan akhir April 2021 lalu. Terutama untuk model atas, yakni GR CVT TSS Twon Tone.

Kondisi ini pun menimbulkan antrean yang cukup panjang. Bahkan informasi yang redaksi dapatkan sebelumnya, inden varian tertinggi Raize TSS mencapai 12 bulan atau satu tahun.

Menanggapi hal ini, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy Suwandi mengatakan, untuk masalah inden Raize Toyota sudah melakukan perbaikan guna mengejar ketersedian unit.

Baca juga: Toyota Resmi Jual Raize 1.200 cc, Harga Mulai Rp 202 Jutaan

"Memang animonya cukup besar dan perlu sedikit menunggu, terutama untuk yang TSS. Tapi teman-teman di produksi juga berusaha keras bersama supplier untuk meningkatkan produksi," ucap Anton dalam konferensi virtual, Kamis (17/6/2021).

Toyota RaizeKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Toyota Raize

"Jadi bisa dikatakan inden Raize pada bulan Juni ini sudah mengalami perbaikan, sekarang rata-rata sekitar 2 bulanan untuk indennya," kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski sudah diperbaiki dan lebih cepat, namun dari sisi pemilihan tipe dan warna juga sebenarnya menentukan perbedaan masa tunggu atau inden.

Contohnya, menurut Anton, untuk Raize GR TSS dengan pilihan kelir single tone, secara waktu tunggunya tidak akan terlalu lama dibandingkan yang two tone.

Hal ini mungkin bisa menjadi salah satu pertimbangan bagi konsumen, khususnya bagi yang menginginkan unit lebih cepat.

Baca juga: Lebih Terjangkau, Berikut Estimasi Harga Daihatsu Rocky 1.2L

test drive Toyota Raizedok TAM test drive Toyota Raize

"Untuk warna single tone ini waktu tunggunya tidak akan terlalu lama dibandingkan yang two tone, mungkin rata-rata dua bulanan. Sementara warna tertentu (two tone) lebih panjang karena proses produksinya sedikit berbeda," ujar Anton.

"Produksi pastinya akan kita terus tingkatkan, sehingga waktu indenya bisa cukup normal antara 1 sampai 2 bulan," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.