Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengendara Motor Jatuh dan Nyaris Terlindas Mobil, Hindari Rem Mendadak

Kompas.com - 16/06/2021, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar di media sosial sebuah rekaman pengendara sepeda motor yang nyaris terlindas mobil karena terjatuh saat melakukan pengereman secara mendadak.

Dalam video berdurasi 12 detik yang diunggah oleh akun Instagram @streetmannersindonesia, terlihat pengendara motor matik berwarna merah tersebut berusaha untuk menghindari pengendara motor yang ada di depannya dengan melakukan pengereman menggunakan rem depan secara mendadak di jalan yang berpasir.

Akibatnya, motor tersebut kehilangan keseimbangan sehingga membuat pengendara motor terjatuh dan nyaris terlindas mobil yang pada saat itu sedang melintas dari arah berlawanan.

Baca juga: Motor 2-Tak Bekas yang Harganya Makin Mahal, Tembus Puluhan Juta Rupiah

Terkait kejadian tersebut, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, saat berkendara, rata-rata pengendara motor membiarkan jari tangan kanan menempel di tuas rem depan.

Hal inilah yang biasanya menyebabkan pengendara terjatuh dan mengalami kecelakaan tunggal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by streetmannersindonesia (@streetmannersindonesia)

“Sebab, jari tangan tersebut akan reflek saat melihat sesuatu yang dianggap bahaya, padahal sangat berisiko melakukan pengereman dengan rem depan pada kondisi jalan licin, berpasir, dan berbatu karena dapat menyebabkan ban slip,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Agus melajutkan, pada saat berkendara, posisi tangan kanan harus menggenggam penuh grip gas.

Baca juga: Jangan Kaget Kalau Pintu Sebelah Kanan Taksi Tidak Bisa Dibuka

“Begitu pun ketika akan melakukan pengereman, maka harus melakukan dengan empat jari sehingga telapak tangan mendorong ke depan dan membuat gas tertutup rapat sehingga putaran mesin dapat membantu pengereman lebih efektif,” kata dia.

Menurut Agus, kebiasaan jari menempel di tuas rem depan akibat dari pengendara motor kebanyakan belajar secara otodidak.

“Sehingga, kurang paham risiko atau bahaya yang dapat terjadi saat di jalan raya saat berkendara,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com