Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas, Truk Putar Balik Bisa Bikin Celaka

Kompas.com - 16/06/2021, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah video diunggah akun Dashcam Owners Indonesia di Indtagram memperlihatkan pengendara motor yang hampir menabrak truk yang mau putar balik.

Truk melebar ke kiri jalan karena radius putarnya yang cukup besar dan sudah menyalakan lampu sein ke kanan.

Namun dari arah belakang, ada pengendara motor dengan kecepatan cukup tinggi, beruntung sempat mengerem dan menjaga keseimbangannya sehingga terhindar dari tabrakan.

Menanggapi kejadian ini, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, ketika sedang berkendara, pengendara motor harus bisa memprediksi bahaya, karena keterampilan saja tidak cukup.

Baca juga: Cek Diskon CBR250RR dan Ninja 250 Juni 2021

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

“Dalam situasi jalan lengang dan lurus, sebagai pengendara harus selalu waspada dan melihat jauh ke depan. Sehingga semua obyek yang bisa menjadi potensi bahaya bisa diprediksi dengan baik dan tepat dalam mengambil keputusan,” ucap Agus kepada Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Agus juga mengingatkan, ketika berkendara dengan kecepatan tinggi, pandangan terhadap lingkungan sekitar jadi lebih kecil. Oleh karena itu, usahajan untuk berkendara dengan kecepatan yang aman agar selamat sampai tujuan.

Baca juga: PO Efisiensi Operasikan Bus Double Decker Trayek Patas Cilacap-Yogya

“Jika melihat obyek seperti mobil atau kendaraan, orang berdiri di pinggir jalan, segera kurangi kecepatan. Obyek tadi bisa saja menjadi potensi bahaya di jalan raya,” kata Agus.

Pengendara harus berhati-hati ketika berkendara di jalan raya. Tidak perlu mengebut jika ingin selamat di jalan raya. Agus mengatakan, menahan satu detik saja bisa menyelamatkan nyawa di jalan raya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com