Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Suara Klakson Jarang Terdengar di Jalan Tol?

Kompas.com - 15/06/2021, 15:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika diperhatikan, Anda pasti akan lebih jarang mendengar klakson di jalan tol. Bukan sekedar mitos belaka, tapi memang terjadi seperti itu.

Sebagai jalan bebas hambatan, pengemudi di jalan tol biasanya lebih tertib ketimbang saat berkendara di jalan umum. Hal ini pula yang membuat klakson jarang di bunyikan di jalan tol.

Pengemudi biasanya menggunakan klakson di tol hanya pada saat tertentu saja. Misalnya untuk mengingatkan pengemudi lain yang berpindah lajur tanpa sein dan lain sebagainya.

Baca juga: DFSK Optimistis Gelora E Cocok Jadi Mobil Operasional Usaha

Training Direction The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, klakson merupakan alat komunikasi dengan kendaraan lain.

Ilustrasi mobil melintas di jalan tolKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Ilustrasi mobil melintas di jalan tol

“Biasanya digunakan bila ada persinggungan, meminta jalan, atau menginformasikan keadaan. Di jalan tol, mobil berjalan di jalurnya masing-masing. Sehingga tak heran jika lalu lintasnya lebih terartur,” kata Marcell kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Marcell melanjutkan, di jalan tol pengemudi mobil tak akan berhadapan dengan sepeda motor, angkot yang berhenti sembarangan, hingga orang menyebrang, Kondisi ini yang membuat klakson jarang digunakan di jalan tol.

Baca juga: Indonesia Cukup Dikenal di Senegal, Pengenalan Gesits Jadi Lebih Cepat        

“Selain itu, di jalan tol kecepatan semua kendaraan hampir sama dan bergerak ke arah yang sama. Sehingga persinggungan, infomasi keberadaan dan permintaan jalan kemungkinannya sedikit sekali,” kata dia.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com