Benarkah Suara Klakson Jarang Terdengar di Jalan Tol?

Kompas.com - 15/06/2021, 15:01 WIB
Lalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOLalu lintas kendaraan di Tol Dalam Kota Jakarta tampak padat pada jam pulang kerja di hari ketiga pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap dua, Rabu (16/9/2020). Pembatasan kendaraan bermotor melalui skema ganjil genap di berbagai ruas Ibu Kota resmi dicabut selama PSBB tahap dua.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika diperhatikan, Anda pasti akan lebih jarang mendengar klakson di jalan tol. Bukan sekedar mitos belaka, tapi memang terjadi seperti itu.

Sebagai jalan bebas hambatan, pengemudi di jalan tol biasanya lebih tertib ketimbang saat berkendara di jalan umum. Hal ini pula yang membuat klakson jarang di bunyikan di jalan tol.

Pengemudi biasanya menggunakan klakson di tol hanya pada saat tertentu saja. Misalnya untuk mengingatkan pengemudi lain yang berpindah lajur tanpa sein dan lain sebagainya.

Baca juga: DFSK Optimistis Gelora E Cocok Jadi Mobil Operasional Usaha

Training Direction The Real Driving Centre Marcell Kurniawan mengatakan, klakson merupakan alat komunikasi dengan kendaraan lain.

Ilustrasi mobil melintas di jalan tolKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Ilustrasi mobil melintas di jalan tol

“Biasanya digunakan bila ada persinggungan, meminta jalan, atau menginformasikan keadaan. Di jalan tol, mobil berjalan di jalurnya masing-masing. Sehingga tak heran jika lalu lintasnya lebih terartur,” kata Marcell kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Marcell melanjutkan, di jalan tol pengemudi mobil tak akan berhadapan dengan sepeda motor, angkot yang berhenti sembarangan, hingga orang menyebrang, Kondisi ini yang membuat klakson jarang digunakan di jalan tol.

Baca juga: Indonesia Cukup Dikenal di Senegal, Pengenalan Gesits Jadi Lebih Cepat        

“Selain itu, di jalan tol kecepatan semua kendaraan hampir sama dan bergerak ke arah yang sama. Sehingga persinggungan, infomasi keberadaan dan permintaan jalan kemungkinannya sedikit sekali,” kata dia.   



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X