3 Bus Baru PO Samarinda Lestari, Pakai Bodi Buatan Laksana

Kompas.com - 15/06/2021, 12:15 WIB
Bus AKAP PO Samarinda Lestari DOK. LAKSANABUSBus AKAP PO Samarinda Lestari

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Otobus (PO) asal Kalimantan Timur, Samarinda Lestari baru saja merilis tiga bus yang baru saja diperbarui di karoseri Laksana, Ungaran, Jawa Tengah.

Ketiga bus ini tidak sepenuhnya baru, jadi diperbarui dari bodi bus yang lama. Bisa dibilang proses lahirnya bus baru ini merupakan rebodi, jadi bus menggunakan sasis yang lama, hanya bodinya saja yang dibuat baru.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, rebodi yang dilakukan pada bus PO Samarinda Lestari ini pun hanya sebagian, tidak semua bagian bodinya diganti.

Baca juga: Cara Blokir STNK pada Kendaraan yang Sudah Dijual

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Bodinya dibongkar di karoseri, cuma potong depan dan belakang saja, jadi enggak rebody penuh,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (15/6/2021).

Untuk bodi sebelumnya, masih merupakan produk karoseri Laksana, yaitu Legacy SR1. Ketika diperbarui di karoseri Laksana, bodi bus berkelir kuning keemasan ini diubah menjadi model Legacy SR2 HD Prime S Series.

Baca juga: Skutik Bongsor Juni 2021, Diskon Yamaha Nmax dan Honda PCX Tembus Jutaan Rupiah

Kabin bus AKAP PO Samarinda LestariDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP PO Samarinda Lestari

“Untuk bagian kabinnya ada yang diperbaiki, seperti lantai, dashboard baru, dan ada toilet. Sedangkan untuk louver AC dan bangku masih pakai yang lama, dari Legacy SR1,” kata Werry.

Untuk sasisnya, ketiga bus ini menggunakan sasis Hino RK8. Sasis ini memang terkenal digunakan oleh bus yang beroperasi di sekitar Kalimantan Timur. PO Samarinda Lestari ini juga memiliki sasis bus yang cukup langka, yaitu memakai Isuzu LT134.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X