Indonesia Cukup Dikenal di Senegal, Pengenalan Gesits Jadi Lebih Cepat

Kompas.com - 15/06/2021, 12:42 WIB
Dealer Gesits Sukses Makmur (GSM) menyediakan custom warna. Foto: IstimewaDealer Gesits Sukses Makmur (GSM) menyediakan custom warna.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik asal Indonesia, Gesits, meluncur di Senegal, Afrika Barat, belum lama ini. Peluncuran dipromosikan langsung oleh Duta Besar RI Dakar, Dindin Wahyudin.

Trihari Agus Riyanto, dari PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku manufaktur dan prinsipal Gesits, mengatakan, seremoni tersebut merupakan langkah yang bagus untuk pengembangan merek Gesits.

Baca juga: Kendaraan Listrik Jadi Salah Satu Cara Kemenhub Cegah Pemanasan Global

"Kami sebetulnya tidak sampai sana (memikirkan ekspor). Tapi karena ada penguasaha dari sini, kita coba bantu secara hitung-hitungannya," katanya kepada Kompas.com, yang ditemui Senin (14/6/2021).

Motor listrik Gesits coba masuk ke pasar SenegalFoto: Dokumentasi Kementerian Luar Negeri Motor listrik Gesits coba masuk ke pasar Senegal

Tri mengatakan, pihaknya tak menyangka bahwa Indonesia cukup dikenal di Senegal. Sehingga penetrasi untuk memperkenalkan suatu produk bisa lebih cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kebetulan di Senegal kan pakai CN235 ya, membeli produk Indonesia. Jadi mereka tahulah produk Indonesia, bahwa Indonesia sudah punya industri, yang pertama pesawat terbang dan kedua otomotif," katanya.

Tri mengatakan, di Senegal bahkan ada motor dengan merek "Jakarta." Tri tidak menjelaskan rincian motor tersebut yang pasti motor dengan nama Ibu Kota Indonesia itu buatan China.

Baca juga: Simak Harga Honda Brio Satya di Surabaya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik GesitsDok. Gesits Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi pabrik motor listrik Gesits

"Di sana ada sepeda motor namanya Jakarta, tapi buatan China. Jadi seakan-akan dari kita. Ini mungkin yang buat namanya sudah akrab sehingga antusias," katanya.

Seperti diberitakan, usai peluncuran tersebut tak kurang 200 unit motor Gesits langsung terjual atau dipesan.

Salah satu pihak yang memesan ialah Ndiaye Transport yakni perusahaan penyedia ojek online di sana. Untuk unitnya disebut baru akan dikirim pada kuartal ketiga dari Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.