Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanpa Relaksasi, Brio Satya Tetap Jadi Mobil Terlaris Honda

Kompas.com - 15/06/2021, 08:51 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Brio Satya masih jadi primadona penjualan PT Honda Prospect Motor (HPM). Pada Mei 2021, mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC) tersebut, kembali menjadi kontributor utama.

Brio Satya laris 3.813 unit dengan pangsa pasar 27 persen di segmen LCGC. Sementara Brio RS berada di urutan dengan penjualan 1.565 unit dan mengusai 63 persen di segmen mobil kota.

Total sepanjang Mei, Honda mencatat penjualan retail 8.538 unit, turun 16 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 10.189 unit. Hal ini lantaran dampak hari kerja yang lebih sedikit imbas libur Lebaran.

Baca juga: Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang, Kapan Harga Mobil Turun Lagi

Namun demikian, jumlah tersebut diklaim masih sesuai target yang ditetapkan. Honda juga optimis tren penjualan berjalan positif lantaran kondisi ekonomi yang mulai stabil dan adanya program relaksasi sebagai stimulus di semester kedua 2021.

Honda CR-V facelift 1.5L Turbo PrestigeKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda CR-V facelift 1.5L Turbo Prestige

Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM mengatakan, tren penjualan yang positif akan berlanjut pada bulan-bulan berikutnya. Terutama didukung penyegaran pasar melalui produk baru dan relaksasi pajak yang disambut baik konsumen.

"Kami percaya pemerintah memantau kondisi aktual pasar untuk dapat terus merancang kebijakan yang tepat untuk mendorong pertumbuhan pasar otomotif dan ekonomi secara umum," ucap Billy dalam keterangan resminya, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Kata Daihatsu soal Harga, Pemesanan, dan Peluncuran Rocky 1.2L

"Saat ini, kami terus berusaha memaksimalkan tingkat produksi sesuai aturan dan protokol kesehatan yang berlaku serta ketersediaan komponen untuk dapat memenuhi pemesanan secepat mungkin. Kami juga berusaha mempertahankan tingkat permintaan dengan menawarkan berbagai program penjualan yang menarik," lanjutnya.

Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Sales promotion girl (SPG) berpose di samping mobil dalam pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (25/4/2019). Pameran IIMS 2019 berlangsung hingga 5 Mei 2019 mendatang. Sebanyak 36 merek roda dua dan roda empat ikut memamerkan produk terbarunya di sini.

Selain Brio, produk Honda yang menikmati diskon pajak ikut berkontribusi. Mulai dari City Hatchback yang terjual 892 unit, HR-V 1.5L 815 unit, CR-V 680 unit, Mobilio 335 unit, dan BR-V 264 unit.

Untuk produk lainnya, seperti HR-V 1.9 terjual 69 unit, Civic Sedan 38 unit, Civic Hatchback RS 28 unit, Accord 22 unit, Odyssey 14 unit, Civic Type R dua unit, dan satu unit untuk City.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com