Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mario SA Hampir Berhasil Kibarkan Merah Putih di FIM CEV Barcelona

Kompas.com - 15/06/2021, 07:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mario Suryo Aji berhasil menunjukkan performa yang luar biasa saat balapan pada FIM CEV Moto3 2021 di Sirkuit Barcelona, Catalunya. Mario SA hampir berhasil mengibarkan bendera merah putih di sirkuit ini.

Perjuangan Mario SA terus berlanjut setelah sebelumnya berhasil mencetak sejarah pertama sebagai pebalap Indonesia yang meraih pole position pertama di kelas Moto3 pada FIM CEV Repsol ini.

Pebalap muda binaan Astra Honda Racing Team (AHRT) ini menjalani dua sesi balapan yang sengit dengan gigih sebelum mengalami insiden yang menempatkannya pada peringkat kelima klasemen sementara.

Baca juga: Mario SA Raih Pole Position di CEV Moto3 Barcelona

Performa Mario SA kali ini semakin meningkat dengan start dari pole position. Pada race 1, persaingan untuk menduduki posisi pertama berjalan sangat ketat.

Mario SA sempat terdorong ke posisi belakang sesaat setelah balapan dimulai. Dengan skill tangguh yang dimilikinya, Mario SA berhasil menyundul ke posisi terdepan sejak lap keempat.

Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, CatalunyaJesus Robledo Blanco Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, Catalunya

Perjuangan dalam mempertahankan posisi terdepan sangatlah sulit, beberapa kali overtake dilakukan oleh pebalap lain, namun Mario tetap dapat mendominasi sepanjang jalannya balapan.

Mendekati garis finis, tepatnya pada tikungan ke-10, Mario SA tersenggol oleh pebalap lain saat berusaha mempertahankan posisi terdepan. Hal ini membuatnya sedikit keluar jalur, sehingga harus puas menyelesaikan balapan di posisi keenam.

Belajar dari hasil race 1, Mario SA bangkit dan berusaha untuk kembali memberikan perjuangan terbaiknya di race 2. Sempat berada di posisi belakang, Mario terus memacu motornya secara gigih agar dapat merebut posisi terdepan.

Baca juga: Mario SA Percaya Diri Tampil Gemilang di CEV Barcelona

Beberapa kali, Mario SA terlihat memimpin jalannya balapan. Akan tetapi, mendekati akhir balapan yang hanya menyisakan 3 lap, Mario tersenggol oleh pebalap yang terjatuh di belakangnya. Hal ini menyebabkan dirinya ikut terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan.

Mario SA mengatakan, dia merasa menjadi salah satu pebalap yang kompetitif dan kuat pada putaran Barcelona ini. Meskipun hasilnya tidak seperti yang saya harapkan, dia tetap menjalani dua balapan terbaiknya sejauh ini.

Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, CatalunyaJesus Robledo Blanco Mario SA saat balapan pada FIM CEV Repsol 2021 di Sirkuit Barcelona, Catalunya

"Saya bisa jadi pebalap tercepat sepanjang Minggu kemarin, kemudian saya meraih pole position dengan catatan waktu luar biasa dan saya selalu berada di posisi depan," ujar Mario SA, dalam keterangan resminya.

Mario SA menambahkan, dirinya berharap bisa meraih podium pada balapan berikutnya, karena memiliki feeling yang sangat bagus dengan performa motor dan rasa percaya diri pun semakin kuat.

Dua hasil pada balapan ini memastikan Mario berada di peringkat kelima klasemen sementara, dengan raihan 42 poin, selisih tiga angka dari pebalap di posisi keempat. Putaran keempat musim ini akan berlangsung di Algarve, pada 4 Juli 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com