Relaksasi PPnBM 0 Persen Ada Lagi, Kapan Mobil Toyota Turun Harga

Kompas.com - 14/06/2021, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comRelaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 0 persen kembali diberlakukan pemerintah. Rencananya, aturan diskon pajak ini berlaku untuk mobil berkapasitas 1.500 cc ke bawah sampai Agustus 2021.

Sebelumnya, diskon pajak ini telah berakhir pada Mei lalu, dan dilanjutkan insentif sebesar 50 persen mulai Juni 2021.

Namun, dengan munculnya kebijakan baru ini, harga mobil-mobil yang telah mengalami kenaikan pada awal Juni, diprediksi akan kembali turun. Lantas, kapan mobil Toyota turun harga?

Baca juga: Simak Harga Terbaru Kijang Innova di Surabaya

Honda di IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Honda di IIMS Hybrid 2021

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, saat ini Toyota masih memberlakukan harga jual dengan diskon PPnBM 50 persen.

“Kami sedang menunggu PMK-nya (Peraturan Menteri Keuangan),” ujar Anton, kepada Kompas.com (13/6/2021).

“Untuk lebih jelas detail aturannya, akan disesuaikan berdasarkan aturan pemerintah,” kata dia.

Baca juga: Kode Produksi Ban Kendaraan Bukan Jadi Tanda Kedaluwarsa

Toyota Avanza di pameran IIMS Hybrid 2021KOMPAS.com/Ruly Toyota Avanza di pameran IIMS Hybrid 2021

Sebagai ilustrasi, harga Toyota Avanza ketika relaksasi PPnBM 0 persen berlaku dimulai dari Rp 187,6 juta (tipe 1.3 E STD M/T) sampai Rp 216,5 juta (tipe 1.3 G A/T).

Sementara saat diskon PPnBM 50 persen dibanderol mulai Rp 194,2 juta (tipe 1.3 E STD M/T) hingga Rp 224,2 juta (tipe 1.3 G A/T).

Sedangkan normalnya Avanza saat ini dihargai dari Rp 200,2 juta (tipe 1.3 E STD M/T) sampai Rp 231,250 juta (tipe 1.3 G A/T).

Baca juga: Ini Arti Mesin Ngelitik, dan Penyebabnya

Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Menurut Anton, jika relaksasi PPnBM 0 persen kembali berlaku, maka harga jual akan kembali seperti periode awal diskon pajak.

“Iya (kembali), kalau 100 persen insentif means (artinya) pajak PPnBM-nya nol persen,” kata Anton.

Pembeli yang terlanjur melakukan pemesanan pada Juni ini juga tak perlu khawatir, sebab harga yang dibayarkan konsumen bakal disesuaikan dengan aturan yang bakal berlaku.

“Konsumen tentu kami akan perhatikan sebaik mungkin, tapi kami akan pelajari dulu dan sesuaikan dengak PMK,” ucap Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.