Polisi Operasikan Lagi Check Point Kendaraan di Zona Merah Covid-19

Kompas.com - 14/06/2021, 07:42 WIB
Pos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021). KOMPAS.COM/GHINAN SALMANPos penyekatan di pintu Jembatan Suramadu sisi Surabaya dijaga ketat pasca terjadi lonjakan kasus Covid-19 dii Pulau Madura, terutama di Kabupaten Bangkalan, Minggu (6/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Wilayah-wilayah yang termasuk ke dalam zona merah Covid-19, bakal dibangun pos check point kendaraan.

Kembalinya lagi pos check point kendaraan dilakukan untuk mengawasi kegiatan masyarakat, sekaligus sarana penyembuhan bagi mereka yang terpapar. Juga bisa menjadi fasilitas swab antigen maupun proses vaksinasi.

Seperti diketahui, sebelumnya kepolisian membangun check point untuk mengawasi masyarakat yang ingin mudik. Namun, kini posko penyekatan itu kembali aktif.

Baca juga: Hingga Agustus 2021, Avanza dkk Masih Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

Antrean pengendara motor terjadi di akses keluar Jembatan Suramadu, Minggu (06/06) akibat penyekatan dan tes antigen acak di lokasi itu.ANTARA FOTO Antrean pengendara motor terjadi di akses keluar Jembatan Suramadu, Minggu (06/06) akibat penyekatan dan tes antigen acak di lokasi itu.

“Di Polda Metro ini ada lima check point untuk melakukan monitoring pengetatan dan mobilisasi masyarakat,” ucap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, dilansir dari laman Korlantas Polri (13/6/2021).

“Dan sekaligus juga melakukan percepatan untuk monitoring penyembuhan masyarakat yang terdampak Covid-19 terutama di zona merah dan zona oranye,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Istiono juga mengatakan, saat ini telah terdapat 5 titik check point di wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk melakukan monitong pengetatan mobilisasi masyarakat, khususnya untuk kawasan yang masuk zona merah.

Baca juga: Dijual Rp 520 Juta, Ninja ZX-10R Jadi yang Superbike Paling Murah

Petugas medis mengambil spesimen swab dari seorang warga yang melintas di pos penyekatan yang dikendalikan Polres Blitar dan Malang di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Minggu (16/5/2021)KOMPAS.COM/ASIP HASANI Petugas medis mengambil spesimen swab dari seorang warga yang melintas di pos penyekatan yang dikendalikan Polres Blitar dan Malang di Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang, Minggu (16/5/2021)

Istiono mengatakan, Polri juga terus menggenjot proses vaksinasi massal terhadap masyarakat sebagai upaya pencegahan terpapar Covid-19.

“Saat ini di Indonesia ada 17 zona merah dan ada 331 kabupaten kota yang zona oranye kuning 158 kabupaten kota dan 8 hijau,” ucap Istiono.

“Selain itu, Polri juga bakal memonitor tempat-tempat keramaian yang berpotensi terjadi penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Baca juga: Daihatsu Rocky dan Toyota Raize 1.2L Bakal Dapat Diskon PPnBm 100 Persen

Pelayanan SIM keliling di tetap beroperasi di depan Gereja Catharina, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (25/12/2018)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Pelayanan SIM keliling di tetap beroperasi di depan Gereja Catharina, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur, Selasa (25/12/2018)

Istiono menambahkan, untuk menekan penyebaran Covid-19 pasca libur Lebaran, jajaran Korlantas menyulap mobil SIM keliling menjadi mobil Swab antigen keliling.

“Langkah-langkah yang kita lakukan di lapangan antara lain tadi saya sudah ninjau ya mobil SIM keliling, kita ubah menjadi mobil swab antigen keliling salah satunya,” kata Istiono.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.