PPnBM 0 Persen Diperpanjang Bikin Diler Galau

Kompas.com - 14/06/2021, 13:01 WIB
Diler Auto2000 di Grand Depok City yang baru saja diresmikan pada Jumat (17/11/2017). KompasOtomotif/Alsadad RudiDiler Auto2000 di Grand Depok City yang baru saja diresmikan pada Jumat (17/11/2017).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan pemerintah untuk memperpanjang diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) 100 persen terhadap mobil 1,500 cc ke bawah hingga Agustus 2021 membuat sebagian diler bingung.

Pasalnya, wacana relaksasi tersebut dilontarkan pada pertengahan bulan dan setelah para pabrikan sudah mengerek harga kendaraan terkait, menyesuaikan aturan berlaku.

"Pada 1 Juni 2021 lalu, kita sudah revisi harga menyesuaikan insentif PPnBM yang turun jadi 50 persen. Sekarang ada rencana kembali ke 100 persen, jadi bingung," kata salah satu wiraniaga Toyota di DKI Jakarta saat dihubungi Kompas.com, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Diskon PPnBM 100 Persen Diperpanjang, Kapan Harga Mobil Turun Lagi

Ilustrasi penjualan mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Ilustrasi penjualan mobil

Akibat rencana itu, ia melanjutkan, kini tidak sedikit calon pembeli yang meminta atau menagih diskon PPnBM 100 persen serta pilih untuk menunda pembelian.

Sementara pembeli yang sudah melakukan pembelian baik secara kredit maupun tunai pada awal Juni 2021, juga meminta kejelasan mengenai harga resmi yang dikenakan alias berlaku.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita jadi galau, tapi sesuai dengan arahan pusat bahwa masih menggunakan aturan diskon PPnBM 50 persen. Nanti bila telah keluar aturan yang 100 persen, pasti diinformasikan kembali," ujarnya.

Baca juga: Gaikindo Sebut PPnBM 0 Persen Bikin Semua Pihak Happy

Hal serupa juga dinyatakan oleh salah satu wiraniaga Daihatsu dan Honda di wilayah Jakarta dalam kesempatan terpisah. Adapun aktivitas penjualan di diler saat ini masih berjalan seperti biasa.

"Kalau ada konsumen yang menagih PPnBM 100 persen, kami akan berikan sosialisasi atau edukasi bahwa aturannya berlum berlaku. Dari pusat juga belum menyesuaikan harga," ujar dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X