VW Barndoor 1952, Restorasi Mobil Super Langka

Kompas.com - 10/06/2021, 11:02 WIB
Restorasi VW Barndoor 1952 Dok. KustomfestRestorasi VW Barndoor 1952

JAKARTA, KOMPAS.com - VW Barndoor lansiran 1952 ini ditemukan di Magelang dua dekade lalu. Kondisinya saat ditemukan jauh dari kata sempurna. Tepatnya hanya bagian bodi saja, tidak ada komponen lainnya.

Restorasi mobil ini dilakukan oleh Smart Volks Works yang digawangi oleh Rosyid.

Rosyid mengatakan, Barndoor bisa dibilang sangat langka, apalagi di Indonesia. Selain karena sudah menggunakan setir kanan, di bagian belakang ada emergency exit.

Baca juga: Segini Estimasi Biaya Restorasi Motor Bebek Bekas

"Setelah ditelusuri, ada kemungkinan Barndoor ini dikirim ke Indonesia untuk bantuan sekolah dan dijadikan bis sekolah. VW ini pun dibangun perlahan, sampai sekarang pun belum menemui kata selesai," ujar Rosyid, dalam keterangan resminya.

Restorasi VW Barndoor 1952Dok. Kustomfest Restorasi VW Barndoor 1952

Rosyid menambahkan, VW Barndoor dengan setir kanan mungkin jumlahnya tak lebih dari 10 unit di Indonesia. Tapi, untuk yang setir kiri, juga ada beberapa unit, seperti dari Kolombia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk restorasinya, VW Barndoor dibangun kembali dengan kelir abu-abu muda di bagian atap dan bawah, sedangkan tengahnya diberi warna abu-abu yang lebih tua. Warnanya mengacu pada warna aslinya.

Baca juga: Harga Vespa VBB Restorasi di Solo Tembus Rp 50 Juta

Restorasi VW Barndoor 1952Dok. Kustomfest Restorasi VW Barndoor 1952

"Namun, ada sedikit perbedaan pada VW Barndoor ini. Aslinya, kaca depan tidak bisa dibuka. Tapi, untuk yang satu ini di-custom dengan kaca depan VW Safari," kata Rosyid.

Restorasi VW Barndoor 1952Dok. Kustomfest Restorasi VW Barndoor 1952

Rosyid menambahkan, interior sengaja dibiarkan kosong, hanya ada satu jok racing untuk pengemudi. Setir kemudinya juga pakai setir racing. Sebab, mesinnya sudah menggunakan blower Porsche original dan supercharger.

Kaki-kakinya dibuat semakin dekat dengan tanah menggunakan lowering kit milik VW. Untuk mengimbangi mesinnya yang bertenaga besar, disematkanlah rem cakram pada bagian depan.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.