Fungsi Lain Lampu Kabin Bus, Jadi Kode Pengemudi ke Penumpang Saat Ada Copet

Kompas.com - 10/06/2021, 08:12 WIB
Kabin bus AKAP PO ANS Morodadi PrimaKabin bus AKAP PO ANS

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah bus tentu dilengkapi dengan sebuah lampu kabin yang bisa menerangi saat malam hari. Namun ketika bus mulai berjalan, lampu kabin yang biasanya berwarna putih terang ini akan dimatikan.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, lampu kabin yang dimatikan saat bus beroperasi bertujuan untuk membuat pengemudi dan penumpang nyaman selama perjalanan.

Lampu kabin dimatikan biasanya agar pengemudi bus tidak silau dan penumpang juga nyaman ketika istirahat,” kata Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Intip Perkembangan Sirkuit Mandalika Jelang WorldSBK Indonesia 2021

kabin bus malamKompas.com/Fathan Radityasani kabin bus malam

Namun, ada kondisi tertentu di mana lampu kabin bus dinyalakan selama perjalanan. Ketika ada penumpang yang dicurigai sebagai pencopet yang ikut naik bus, biasanya lampu kabin tetap dinyalakan walaupun bus berjalan di malam hari.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hariyadi, pengemudi bus AKAP PO Raya mengatakan, menyalakan lampu kabin ketika bus berjalan merupakan sebuah kode untuk para penumpang, sehingga bisa lebih waspada dan menjaga barang bawaannya.

Baca juga: Kia Sportage Baru, Kental Nuansa Futuristik

“Ketika ada yang dicurigai pencopet ikut naik bus, kita buat penumpang enggak bisa tidur dengan menyalakan lampu kabin. Sehingga mereka bisa tetap terjaga dan mengamankan barang bawaannya,” ucap Hariyadi.

Pengemudi bus mendapatkan informasi soal penumpang yang dicurigai sebagai copet dari agen di terminal. Mereka hanya bisa mencurigai tetapi tidak bisa menuduh seseorang sebagai copet.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X