Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Lain Lampu Kabin Bus, Jadi Kode Pengemudi ke Penumpang Saat Ada Copet

Kompas.com - 10/06/2021, 08:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah bus tentu dilengkapi dengan sebuah lampu kabin yang bisa menerangi saat malam hari. Namun ketika bus mulai berjalan, lampu kabin yang biasanya berwarna putih terang ini akan dimatikan.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, lampu kabin yang dimatikan saat bus beroperasi bertujuan untuk membuat pengemudi dan penumpang nyaman selama perjalanan.

Lampu kabin dimatikan biasanya agar pengemudi bus tidak silau dan penumpang juga nyaman ketika istirahat,” kata Werry kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Intip Perkembangan Sirkuit Mandalika Jelang WorldSBK Indonesia 2021

kabin bus malamKompas.com/Fathan Radityasani kabin bus malam

Namun, ada kondisi tertentu di mana lampu kabin bus dinyalakan selama perjalanan. Ketika ada penumpang yang dicurigai sebagai pencopet yang ikut naik bus, biasanya lampu kabin tetap dinyalakan walaupun bus berjalan di malam hari.

Hariyadi, pengemudi bus AKAP PO Raya mengatakan, menyalakan lampu kabin ketika bus berjalan merupakan sebuah kode untuk para penumpang, sehingga bisa lebih waspada dan menjaga barang bawaannya.

Baca juga: Kia Sportage Baru, Kental Nuansa Futuristik

“Ketika ada yang dicurigai pencopet ikut naik bus, kita buat penumpang enggak bisa tidur dengan menyalakan lampu kabin. Sehingga mereka bisa tetap terjaga dan mengamankan barang bawaannya,” ucap Hariyadi.

Pengemudi bus mendapatkan informasi soal penumpang yang dicurigai sebagai copet dari agen di terminal. Mereka hanya bisa mencurigai tetapi tidak bisa menuduh seseorang sebagai copet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com