Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

VW Barndoor 1952, Restorasi Mobil Super Langka

JAKARTA, KOMPAS.com - VW Barndoor lansiran 1952 ini ditemukan di Magelang dua dekade lalu. Kondisinya saat ditemukan jauh dari kata sempurna. Tepatnya hanya bagian bodi saja, tidak ada komponen lainnya.

Restorasi mobil ini dilakukan oleh Smart Volks Works yang digawangi oleh Rosyid.

Rosyid mengatakan, Barndoor bisa dibilang sangat langka, apalagi di Indonesia. Selain karena sudah menggunakan setir kanan, di bagian belakang ada emergency exit.

"Setelah ditelusuri, ada kemungkinan Barndoor ini dikirim ke Indonesia untuk bantuan sekolah dan dijadikan bis sekolah. VW ini pun dibangun perlahan, sampai sekarang pun belum menemui kata selesai," ujar Rosyid, dalam keterangan resminya.

Rosyid menambahkan, VW Barndoor dengan setir kanan mungkin jumlahnya tak lebih dari 10 unit di Indonesia. Tapi, untuk yang setir kiri, juga ada beberapa unit, seperti dari Kolombia.

Untuk restorasinya, VW Barndoor dibangun kembali dengan kelir abu-abu muda di bagian atap dan bawah, sedangkan tengahnya diberi warna abu-abu yang lebih tua. Warnanya mengacu pada warna aslinya.

"Namun, ada sedikit perbedaan pada VW Barndoor ini. Aslinya, kaca depan tidak bisa dibuka. Tapi, untuk yang satu ini di-custom dengan kaca depan VW Safari," kata Rosyid.

Rosyid menambahkan, interior sengaja dibiarkan kosong, hanya ada satu jok racing untuk pengemudi. Setir kemudinya juga pakai setir racing. Sebab, mesinnya sudah menggunakan blower Porsche original dan supercharger.

Kaki-kakinya dibuat semakin dekat dengan tanah menggunakan lowering kit milik VW. Untuk mengimbangi mesinnya yang bertenaga besar, disematkanlah rem cakram pada bagian depan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/10/110200115/vw-barndoor-1952-restorasi-mobil-super-langka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke