Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi Peredam Kap Mesin Mobil

Kompas.com - 09/06/2021, 15:41 WIB
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap kendaraan bermotor di pasaran dirakit melalui berbagai riset dan pengembangan yang komperhensif guna menjamin pengguna untuk tetap aman serta nyaman.

Sehingga, terdapat beragam komponen bermanfaat di kendaraan meski kehadirannya tampak tidak terlalu signifikan. Salah satunya ialah lapisan khusus di bagian bawah kap mesin.

"Itu adalah peredam kap mesin. Sesuai namanya, lapisan tersebut berfungsi untuk meredam," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Ini Alasan Ukuran dan Jumlah Wiper Berbeda di Tiap Mobil

Ilustrasi mesin mobil overheatroberts.com.ph Ilustrasi mesin mobil overheat
 

Bila tidak ada lapisan ini, lanjut dia, pastinya panas yang dihasilkan mesin dapat terasa hingga luar bahkan membuat celaka orang di sekitarnya.

"Unit mesin, khususnya kepala silinder, header, dan lainnya yang menghasilkan kalor pasti akan memancarkan panas ke atas," ujar dia.

"Jadi, kap mesin yang berada di atasnya pasti akan mengalami peningkatan suhu saat mobil berjalan. Terlebih, kap mesin berbahan logam. Berbahaya sekali kalau itu dipegang," lanjut Imansyah.

Untuk itulah jangan menyepelekan peredam kap mesin. Walau tidak menghilangkan panas dampak dari suhu tinggi yang dihasilkan mesin, namun setidaknya lapisan ini dapat menguranginya.

Baca juga: Jangan Ketipu, Kenali Ciri-ciri Mobil Bekas Pernah Turun Mesin

Ilustrasi perbaikan mobil Toyota Rush di bengkel Auto2000Dok. Auto2000 Ilustrasi perbaikan mobil Toyota Rush di bengkel Auto2000
 

Fungsi lain dari peredam kap mesin ialah meredam bising. Tetapi, ini hanya berlaku untuk beberapa jenis peredam saja, tidak semua mobil memiliki kemampuan peredam sama.

"Tentunya akan sangat baik bagi sebuah mobil yang memiliki tingkat kebisingan suara yang rendah atau terkendali. Selain bertujuan membuat orang di lingkungan sekitar mobil merasa tidak terganggu, tentu membuat kesenyapan di dalam kabin semakin baik," kata Imansyah.

Sehingga, jangan sampai menyepelekan komponen kecil ini. Jangan pula melepasnya dari posisi semula karena secara tidak langsung akan berdampak pada kenyamanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.