Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Anggap Sepele, Ini Fungsi Peredam Kap Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiap kendaraan bermotor di pasaran dirakit melalui berbagai riset dan pengembangan yang komperhensif guna menjamin pengguna untuk tetap aman serta nyaman.

Sehingga, terdapat beragam komponen bermanfaat di kendaraan meski kehadirannya tampak tidak terlalu signifikan. Salah satunya ialah lapisan khusus di bagian bawah kap mesin.

"Itu adalah peredam kap mesin. Sesuai namanya, lapisan tersebut berfungsi untuk meredam," kata Aftersales Division Head Auto2000 Nur Imansyah Tara dalam keterangan tertulis, Rabu (9/6/2021).

Bila tidak ada lapisan ini, lanjut dia, pastinya panas yang dihasilkan mesin dapat terasa hingga luar bahkan membuat celaka orang di sekitarnya.

"Unit mesin, khususnya kepala silinder, header, dan lainnya yang menghasilkan kalor pasti akan memancarkan panas ke atas," ujar dia.

"Jadi, kap mesin yang berada di atasnya pasti akan mengalami peningkatan suhu saat mobil berjalan. Terlebih, kap mesin berbahan logam. Berbahaya sekali kalau itu dipegang," lanjut Imansyah.

Untuk itulah jangan menyepelekan peredam kap mesin. Walau tidak menghilangkan panas dampak dari suhu tinggi yang dihasilkan mesin, namun setidaknya lapisan ini dapat menguranginya.

Fungsi lain dari peredam kap mesin ialah meredam bising. Tetapi, ini hanya berlaku untuk beberapa jenis peredam saja, tidak semua mobil memiliki kemampuan peredam sama.

"Tentunya akan sangat baik bagi sebuah mobil yang memiliki tingkat kebisingan suara yang rendah atau terkendali. Selain bertujuan membuat orang di lingkungan sekitar mobil merasa tidak terganggu, tentu membuat kesenyapan di dalam kabin semakin baik," kata Imansyah.

Sehingga, jangan sampai menyepelekan komponen kecil ini. Jangan pula melepasnya dari posisi semula karena secara tidak langsung akan berdampak pada kenyamanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/09/154100715/jangan-anggap-sepele-ini-fungsi-peredam-kap-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke