Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Interior Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion, Mana Lebih Mewah?

Kompas.com - 09/06/2021, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) resmi memberi penyegaran Daihatsu Sirion pada Marte tahun lalu. Mobil yang masuk ke dalam segmen city car ini dibekali beragam fitur canggih yang siap mengancam keberadaan para pesaing di kelasnya.

Salah satunya pesaing terberat yang sama-sama dibekali teknologi terkini adalah Honda Brio RS.

Jika sebelumnya tim redaksi telah membahas perfoma dan eksterior. Kali ini kami akan membahas tentang interior kedua mobil tersebut. Kira-kira mana yang lebih mewah?

Baca juga: Kenapa Kampas Rem Depan Mobil Lebih Cepat Aus Dibanding Belakang

Pada interior Brio RS dikombinasikan dengan jok warna hitam dilengkapi dengan aksen jahitan orange dengan kelengkapan adjustable headrest pada semua kursi.

Untuk sektor headunit, Brio dibekali layar 6,1 inci yang memiliki fungsi untuk Radio, CD Player, serta koneksi dengan Iphone dan Ipod melalui Bluetooh atau AUX-IN serta ada penambah fitur DVD Player dan tersedia slot USB.

Daihatsu Sirion AT 2020KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT 2020

Sementara Daihatsu Sirion di dominasi dengan interior berwarna hitam dengan sedikit pemanis warna silver yang dilengkapi dengan jok berbahan fabric atau kain.

Head unit infotaiment Daihatsu Sirion dibekali dengan layar 7 inci touchscreen display dengan fitur mirrorlink. Head unit baru di mobil Daihatsu Sirion sudah bisa memutar beragam source musik kekinian termasuk dari gadget kesayangan Anda.

Fitur dukungan hiburan pada Daihatsu Sirion mirip seperti yang ada pada Brio RS. Perbedaan hanyalah pada dimensi layar dimana Sirion lebih besar sedikit.

Bicara soal fitur keselamatan, Daihatsu Sirion sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Brio RS.

Daihatsu Sirion ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Daihatsu Sirion AT

Dihatsu Sirion dibekali dengan empat kantong udara (airbags), rem ABS dan EBD, vehicle stability control (VSC), traction control, kamera parkir mundur, sensor parkir depan belakang, ISOFIX, sampai pengingat sabuk keselamatan depan dan belakang.

Baca juga: Masih Sering Terjadi, Tikungan di Jalan Raya Dianggap Sirkuit

Sementara Brio RS hanya dilengkapi dengan dua kantong udara, pengingat sabuk untuk pengemudi, rem ABS+EBD, dan immobilizer.

Jika dilihat secara keseluruhan, baik dari interior dan fitur keselamatan Daihatsu Sirion sedikit lebih unggul dibandingkan dengan Brio RS. Tetapi kembali lagi kepada selera masing-masing konsumen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com